Kompetisi Sains Madrasah Tingkat Jateng Digelar di Kebumen

Editor: Ivan Aditya

KEBUMEN, KRJOGJA.com – Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Jateng Tahun 2019 berlangsung di Kabupaten Kebumen, Rabu-Kamis (14-15/08/2019). Wahana bagi siswa madrasah untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang sains ini, diikuti ribuan peserta. Mereka datang dari seluruh kabupaten/kota di Jawa Tengah.

"KSM diikuti 1.155 siswa MI, MTs, dan MA yang menjadi wakil kabupaten/kota di Jawa Tengah. Peserta juga diikuti pendamping, dan wali siswa sehingga ada sekitar 3.000 orang yang ikut dalam KSM di Kebumen," ungkap Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen, Panut.

Jumlah peserta KSM yang mencapai ribuan, diyakini memberi dampak positif terhadap perputaran ekonomi dan pariwisata di Kabupaten Kebumen. Selama di Kebumen, peserta menginap di hotel dan homestay. Kuliner dan pariwisata juga akan ikut ramai.

Menurut Panut, KSM juga memotivasi siswa madrasah agar selalu meningkatkan kemampuan intelektual, emosional, dan spiritual berdasarkan nilai-nilai agama, serta menumbuhkembangkan budaya kompetisi yang sehat, serta memberikan kesempatan yang sama bagi siswa dalam belajar, berkreativitas dan berprestasi.

"KSM memiliki karakter integrasi antara sains dan Islam menuju madrasah hebat bermartabat," tegas Panut yang berharap Kebumen di ajang tersebut mampu merebut juara umum.

Tempat pelaksanaan KSM di MTsN 1, MTsN 2, MTsN 3, MTsN 5, MAN 1, MAN 2, dan MAN 3 Kebumen. Sedangkan pembukaan dan penutupan dipusatkan di MTsN 1 Kebumen. KSM Tingkat Jateng Tahun 2019 di Kebumen, akan dibuka secara resmi oleh Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Jateng, H Farhani, malam nanti (14/08/2019).

Wakil Kepala MTs Negeri 1 Kebumen Bidang Kurikulum, Salim Wazdy, berharap wakil Kebumen di ajang KSM memberi yang terbaik. Terlebih lagi, salah satu siswanya sukses meraih medali perunggu pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tahun 2019. (Suk)

BERITA REKOMENDASI