Komplotan Pencuri Lintas Provinsi Gasak 20 Motor

Editor: Ivan Aditya

PURWOKERTO, KRJOGJA.com – Komplotan pencuri sepeda motor asal Lampung dan Garut Jawa Barat berhasil dibekuk Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polresta Banyumas. Di wilayah Banyumas, sindikat ini sudah mencuri 20 sepeda motor.

Kapolresta Banyumas Kombes Pol Whisnu Caraka, Rabu (11/11/2020) saat menggelar konferensi pers di Mapolresta di Purwokerto, mengatakan sebenarnya delapan orang komplotan, yang terdiri atas enam orang dari Garut dan dua orang dari Lampung. “Namu kami baru berhasil menangkap enam orang, sedangkan dua orang lainnya masih dalam pengejaran,” kata Wisnu.

Menurutnya para pelaku itu dibekuk setelah polisi menerima laporan kejadian pencurian sepeda motor Honda Beat di wilayah Kecamatan Sokaraja pada hari Minggu (08/11/2020) yang lalu. Kemudian ditindaklanjuti dengan penyelidikan.

Dari hasil penyelidikan itu polisi berhasil membekuk enam orang yakni Mks, warga Jabung, Kabupaten Lampung, serta Dws, Wba, Ysa, Fms, dan Shd, warga Cibalong, Kabupaten Garut. Dalam penangkapan polisi terpaksa melumpuhkan salah satu pelaku lantarab berusaha melarikan diri.

Dalam aksinya setiap pelaku memiliki peranan beda beda seperti pemetik, joki dan eksekutor hingga menjual barang hasil curian ke penadahnya. Alat-alat yang dipersiapkan untuk melakukan pencurian, yakni kunci T.

Selain kunci T mereka juga menggunakan mobil untuk mengangkut anggotanya dan satu unit sepeda motor yang digunakan untuk mencari sasaran tanpa memilih lokasi. Komplotan sudah melakukan pencurian sebanyak 20 unit sepeda motor di Kabupaten Banyumas, 6 unit di antaranya dilakukan selama terjadinya pandemi Covid-19.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuanya para pelaku bakal dijerat Pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman paling lama tujuh tahun penjara. (Dyt)

Kapolresta Banyumas Kombes Wisnu Caraka yang didampingi Wakapolresta, Kasat Reskri dan Kasubag Humas dengan latar para pelaku barang bukti alat untuk mencuri kepada awak media. (Foto : Driyanto)

BERITA REKOMENDASI