Komunitas Peduli Klaten Gelar Tirakat Bali Nyawiji

Editor: Ivan Aditya

KLATEN, KRJOGJA.com – Komunitas Peduli Klaten menggelar kegiatan Tirakat Bali Nyawiji, Selasa (28/07/2020). Kegiatan yang bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Klaten ke 216 ini sekaligus membahas sejarah Kota Bersinar.

Koordinator Kegiatan, Wening Swasono, menyampaikan kegiatan Tirakat Bali Nyawiji meliputi beberapa rangkaian, diawali dengan Laku Badar Giyanti yakni perjalanan dua penjuru dari Kota Gede Yogyakarta dan Kartasura, Sukoharjo. Masing-masing penjuru itu menuju patok 0 (Nol) kilometer Klaten.

“Sebuah prosesi mengembalikan makna Mataram Nyawidji, dalam artian Nyawidji Rasa lan Nyawidji Tresna sedang kami jalani. Dengan tekad tulus dan laku ikhlas kami ingin mengembalikan makna Nyawiji sebagai penerus Bumi Mataram dan Bumi Nusantara,” ujarnya.

Selanjutnya, kata Wening, kegiatan disambung dengan launching Ijtihad Maya, yakni salah satu ikhtiar dalam menggali potensi serta menebar inspirasi Klaten yang bertujuan dari, oleh, untuk dan demi Klaten. Kegiatan ini dilakukan melalui daring.

Kegiatan diakhiri dengan Jagongan Klaten bertempat di pelataran Kantor Arsip Perpustakaan Klaten atau Kantor Kabupaten Klaten masa lalu. Sarasehan ini membahas beberapa fakta, narasi, diskusi, terurama dari aspek kesejarahan dan tapak Klaten kedepan, sejak (pra) Klaten jaman era mataram kuno.

“Jagongan tentang budaya dan sejarah Klaten. Dilanjutkan dengan dondom (merajut) kain merah putih. Selama kegiatan tetap menerapkan protokol kesehatan, peserta terbatas untuk 20 orang,” imbuhnya. (Lia)

BERITA REKOMENDASI