Komunitas Warga Bantu Warga Terdampak Covid-19

Editor: KRjogja/Gus

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com – Ribuan paket sembako dan masker disalurkan Yayasan Atap Kita Temanggung pada warga terdampak wabah virus corona (Covid-19) di Temanggung.

Ketua Yayasan Atap Kita Temanggung Ahmad Syarif Yahya mengatakan paket bahan pokok yang disalurkan pada warga terdampak untuk gelombang pertama, Senin (27/4) berjumlah 2000 paket bahan pokok, yang berisi beras, minyak goreng, gula, garam dan mie instan.

“Sebelumnya kami juga telah menyalurkan ribuan masker pada pedagang pasar tradisional dan warga,” kata Ahmad Syarif Yahya yang akrab disapa Gus Yahya, Senin (27/4).

Dikatakan paket bahan pokok untuk meringankan warga terdampak, seperti hilang pekerjaan atau berkurang pendapatannya, di awal bulan ramadan. Harapannya bahan pokok kembali disalurkan pada pertengahan atau menjelang idul fitri.

Dikemukakan donasi dari warga atau donatur terus mengalir baik berupa uang maupun barang. Untuk berupa uang telah masuk sekitar Rp 162 juta. Harapannya donasi terus masuk sehingga penyaluran pada warga terdampak terus berlangsung.

Dia mengemukakan dalam menentukan sasaran bantuan, dikoordinasikan dengan pemerintah desa setempat, sebab yang mendapat bukanlah yang telah mendapat bantuan dari pemerintah pusat dan daerah melalui berbagai program.

“Mereka yang tidak mendapat bantuan dari pemerintah yang mendapatkannya, mereka ini adalah orang miskin baru,” kata dia.

Dia menyampaikan pemberian masker diperlukan sebab masker sebagai salah satu pencegah pertama dalam penyebaran virus corona selain cuci tangan. ” Pedagang pasar tradisional rentan tertular sehingga harus memakai masker yang standar. Kami edukasi mereka agar tidak terpapar,” kata dia. (Osy)

 

BERITA REKOMENDASI