KONI Gagas PORDES dan PORCAM

Editor: KRjogja/Gus

MAGELANG (KRjogja.com) – Pengurus baru KONI Kabupaten Magelang periode 2016-2020, menggelorakan olahraga hingga ke tingkat desa. Bahkan, mereka merencanakan akan menggelar Pekan Olahraga Desa (Pordes) dan Pekan Olahraga Kecamatan (Porcam). Langkah ini dimaksudkan untuk melakukan regenerasi atlit di semua cabang olah raga.

"Semakin banyak masyarakat terlibat olahraga akan mudah kita mencetak atlet-atlet berprestasi," kata KONI Kabupaten Magelang Karjanto Wignjo Widodo dalam pelantikan pengurus KONI Kabupaten Magelang periode 2016-2020, di Pendopo Rumah Dinas Bupati Magelang, Kamis (24/11/2016).

Porcam dan Pordes tersebut, kata Karjanto, akan digerakkan oleh Koordinator Olahraga Kecamatan (KOK). Jika terealisasi, pihaknya optimis olahraga di Kabupaten Magelang akan semakin profesional dan kaderisasi semakin baik. "Olahraga akan semakin berkembang jika pengurus bisa bersinergi dan bekerja sama dengan bupati, legislatif serta SKPD. Biaya menggerakkan olahraga cukup banyak. Upayakan sumber dana lain untuk menopang kegiatan. Harus ada partisipasi masyarakat dan pengusaha," katanya.

Sementara Ketua Umum KONI Jateng, Hartono mengingatkan, output olahraga adalah prestasi dan biasanya olahraga menggunakan dana hibah pemerintah alias uang rakyat. Karena itu, ia meminta para pengurus KONI untuk melakukan tata kelola keuangan dengan baik guna menghindari persoalan di kemudian hari.

"Kompleksitas olahraga sangat tinggi, butuh dukungan pemerintah dan legislatif. Kami mengapresiasi dukungan Bupati Magelang atas dukungan dan pembinaan olah raga," katanya.

Sementara Bupati Magelang Zaenal Arifin menilai, olahraga bisa dimanfaatkan untuk membangun karakter bangsa. Untuk itu, pembinaan olahraga harus dilakukan secara sistematis dan berkualitas. "Dengan olahraga mari kita jaga persatuan dan kebhinekaan. Persaingan olahraga semakin ketat, olahraga tidak bisa ditangani personal tapi harus profesional. Hanya dengan komunikasi kita bisa menyelesaikan segala kekurangan dan persoalan," pungkasnya. (Bag)

 

 

BERITA REKOMENDASI