Konservasi Hutan, Instiper-Aqua Tanam 76 Pohon di Wonosobo

Editor: Agus Sigit

WONOSOBO, KRJOGJA.com – Institut Pertanian STIPER (Instiper) Yogyakarta, menggandeng PT Tirta Investama (AQUA Wonosobo) dan Universitas Sains Alquran serta segenap elemen masyarkat di Kabupaten Wonosobo menggelar kegiatan penamanan pohon dengan tema Menanam Kemedekaan di Taman Konservasi KEHATI AQUA Wonosobo, Sabtu (28/8/2021). Penanaman dilakukan sebagai upaya konservasi sebagai komitmen menjaga keberlanjutan sumber daya alam.

Amallia Ferhat, koordinator Program KEHATI sekaligus dosen Instiper mengatakan, penanaman pohon merupakan salah satu upaya menstimulasi berbagai pihak berkolaborasi dalam menjaga keanekaragaman hayati. Selain itu, penamanan pohon juga merupakan dukungan penuh Instiper dalam penyediaan oksigen, ruang terbuka hijau dan sarana pendidikan berbasis konservasi.

“Dalam kegiatan menanam kemerdekaan, jumlah pohon yang ditanam sebanyak 76 pohon yang mewakili usia Indonesia. Kami menanam beberapa jenis tanaman endemik dan lokal pegunungan seperti Pohon Damar, Pohon Pinus dan Pohon Leda/ Rainbow,” ungkapnya pada wartawan melalui rilis tertulis.

Terkait alasan pemilihan Taman Konservasi KEHATI AQUA Wonosobo, Amallia mengatakan bahwa hal tersebut sebagai lanjutan kerjasama yang sudah terjalin selama lebih dari dua tahun di bidang konservasi. “Taman KEHATI AQUA Wonosobo merupakan satu dari sekian Taman KEHATI milik Danone Aqua yang benar-benar mendedikasikan diri sebagai rumah koleksi dan konservasi flora khas pengunungan Jawa,” lanjut dia.

Sementara, Kepala Pabrik PT Tirta Investama Wonosobo, Mohammad Sunarno menyampaikan program bertajuk Menanam Kemerdekaan merupakan sebuah langkah nyata dalam menjaga kelestarian alam dan lingkungan. Taman Konservasi KEHATI AQUA Wonosobo, selain sebagai lahan terbuka hijau untuk pelestarian flora dan fauna juga dapat dipergunakan sebagai tempat pembelajaran, penelitian dan pemberdayaan masyarakat.

“Hal ini sejalan dengan visi Danone One Planet One Health, di mana kesehatan bumi dan masyarakatnya saling berkaitan, sehingga dapat menciptakan Wonosobo yang Asri dalam mewujudkan “The Soul of Java”,” tandas dia. (Fxh)

 

BERITA REKOMENDASI