Koperasi di Magelang Berkembang Pesat

MAGELANG, KRJOGJA.com – Perkembangan koperasi dan UMKM di Kota Magelang, khususnya di Tahun 2020, mengalami peningkatan dibanding tahun 2019, baik dari sisi kuantitas maupun kualitas. Demikian antara lain dikemukakan Walikota Magelang Ir H Sigit Widyonindito MT yang dibacakan Wakil Walikota Magelang Dra Windarti Agustina di forum acara peningkatan kapasitas SDM KUMKM melalui pelatihan terpadu dan penyerahan program strategi Kementerian Koperasi dan UKM, yang dilaksanakan di Hotel Atria Kota Magelang, Kamis (6/8/2020).

Dikatakan Walikota Magelang, dari sisi kualitas koperasi dapat dilihat dari omset, aset, SHU maupun tingkat kesehatan koperasi yang selalu meningkat. Pandemi Covid-19 yang berdampak luas, diantaranya pada sektor ekonomi, juga menjadi tantangan pada roda usaha koperasi.”Namun perlu disyukuri secara umum koperasi di Kota Magelang masih dapat mengatasi likuiditasnya, sehingga tidak menimbulkan gejolak atau keresahan masyarakat,” kata Walikota Magelang.

Dari sektor UMKM, lanjutnya, Pemerintah Kota Magelang juga terus berupaya mempercepat perkembangan UMKM. Salah satu langkah yang dilakukan adalah mengoptimalkan anggaran Dana Alokasi Khusus di Kota Magelang dan tenaga Petugas Penyuluh Koperasi Lapangan (PPKL) dengan mengangkat tenaga pendamping UMKM di masing-masing kelurahan di wilayah Kota Magelang.

PPKL ini diantaranya bertugas membantu melakukan pendataan, memberikan pendampingan dalam pengurusan izin usaha, perolehan modal, pemasaran, peningkatan kualitas produk, pembukuan maupun lainnya.

Pelatihan ini diikuti ratusan pelaku UMKM dari Kota Magelang dan Kabupaten Magelang. Deputi Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Kemenkop UKM Arif Rahman Hakim diantaranya mengatakan pelatihan pelaku UMKM di Kota Magelang ini untuk mendukung salah satu dari lima daerah wisata unggulan, yakni Candi Borobudur. Pelatihan yang sama juga akan dilaksanakan di Danau Toba, Mandalika, Labuan Bajo, dan Likupang Manado. (Tha)

BERITA REKOMENDASI