Kopi Rabusta Bangkitkan Perekonomian Benowo

PURWOREJO (KRjogja.com) – Dari ketinggian sekitar 700 hingga 900 meter dari permukaan laut (DPL), cuaca di Desa Benowo Kecamatan Bener Kabupaten Purworejo terasa dingin dan sejuk. Cuaca seperti ini sangat mendukung pertumbuhan tanaman kopi jenis rabusta, dan bahkan kini banyak di kembangkan petani desa setempat.

“Hampir semua warga yang memiliki lahan sekarang banyak membudidayakan tanaman kopi jenis ini,” kata Khamid (37) salah seorang petani dan tokoh pemuda desa setempat, Senin (24/7).

Di Desa Benowo tanaman kopi jenis ini dapat tumbuh subur dan berbuah lebat. Kebanyakan ditanam di bawah tegakan tanaman lain terutama cengkih (tumpang sari). “Tidak membutuhkan lahan khusus, banyak ditanam secara tumpang sari. Dalam jangka waktu dua hingga tahun tahun secara normal sudah berbuah,” papar Khamid.

Dengan komuditas ini, Desa Benowo kini menjadi desa penghasil kopi, dan banyak menyuplai kedai-kedai kopi di wilayah Purworejo. “Kita baru sebatas mensuplai kebutuhan kopi wilayah Purworejo, juga desa-desa sekitar yang membuka usaha warung kopi,” tandasnya. (Nar)

BERITA REKOMENDASI