Kopi Temanggung akan Diekspor ke Korsel

Editor: Ivan Aditya

TEMANGGUNG (KRjogja.com) – Bupati Temanggung, Wali Kota Bandung dan Wali Kota Denpasar sepakat menjalin kerja sama dengan untuk ekspor kopi berkualitas dari daerah masing-masing ke Korea Selatan. Dari Temanggung akan dikirim kopi arabika dengan kualitas terbaik.

"Kami dari Temanggung akan kirim kopi arabika kualitas super ke Korea Selatan," kata Bupati Temanggung, Mulyadi Bambang Sukarno, Senin (22/08/2016).

Dia mengatakan ekspor kopi tersebut sebagai tindak lanjut kerja sama Kementerian Koperasi dan UKM, dengan Negeri Gingseng itu. Untuk sementara Kementrian Koperasi dan UKM baru menunjuk Kabupaten Temanggung, Kota Bandung, dan Denpasar karena ketiga daerah ini penghasil kopi berkualitas.

Kerja sama itu terangnya akan menguntungkan negara Korsel selain juga menguntungkan petani kopi di Indonesia khususnya di Temanggung. Bagi warga Korea Selatan akan mendapatkan biji kopi pilihan dengan kualitas yang baik. Sedangkan bagi petani dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan.

Dia mengatakan kedepan akan gencarkan promosi kopi robusta asal Temanggung sehingga tidak hanya kopi arabika yang dikonsumsi masyarakat Korea Selatan. Kualitas kopi robusta asal Temanggung, juga tidak kalah dengan kopi robusta dari daerah lain.

Meski telah ada kerja sama, terangnya, sejauh ini belum ada kepastian berapa ton yang dibutuhkan oleh Korsel, sebab kerja sama baru sebatas kepastian pengambilan kopi dari Kabupaten Temanggung, Kota Denpasar dan Bandung. " Kami berharap segara ada kepastian, agar dapat dipersiapkan dan ada perencanaan dari petani," katanya. (Osy)

BERITA REKOMENDASI