Korban Jatuhnya Sempalan Pohon Terima Bantuan Walikota Magelang

MAGELANG, KRJOGJA.com – Rasa bahagia dan ucapan terima kasih telah memperoleh bantuan dari Walikota Magelang Ir H Sigit Widyonindito MT tersirat pada diri beberapa warga yang terkena dampak jatuhnya sempalnya Pohon Preh atau Pohon Beringin di Kampung Beliksari Kelurahan Potrobangsan Kota Magelang, Kamis (27/2/2020). Dalam kesempatan ini Walikota Magelang juga mengingatkan masyarakat mengenai budaya gotong royong.

Peristiwa sempalnya pohon yang berusia puluhan tahun, bahkan mungkin 100 tahun lebih, terjadi pada 31 Januari 2020 sore lalu. Ada beberapa rumah di sekitar pohon yang terkena dampaknya, dan bangunan rumah Sudiyono (55) mengalami kerusakan paling berat. Kepada wartawan, Sudiyono mengatakan kondisi rumahnya saat itu sudah dikurung sempalan dahan, batang dan ranting serta dedaunan pohon. Saat itu ia bersama istri dan anaknya berada di dalam rumah. Ada bagian dahan pohon yang menyangkut atap rumah tetangga. “Kalau tidak nyangkut, mungkin ada korban,” katanya. Putranya juga sempat mengalami luka dan dibawa ke rumah sakit untuk segera memperoleh perawatan.

Dikatakan Sudiyono, uang bantuan dari Walikota Magelang seluruhnya diserahkan kepada panitia, mengingat di kampung Beliksari sudah dibentuk panitia pembangunannya. “Saya tidak berhak menggunakan uang tersebut, yang berhak panitia,” kata Sudiyono yang setiap hari bekerja sebagai tukang tambal ban dan menjual bensin atau pertalite eceran. Sudiyono juga menyampaikan terima kasihnya kepada Walikota Magelang yang telah memberikan bantuannya.

Rumah Suryana, samping rumah Sudiyono, juga terkena dampak sempalan pohon. Kepada KR, Suryana mengatakan kalau sore itu ia masih berada di kelurahan untuk melatih olahraga tenis meja. Yang di rumah hanya istri dan anaknya di lantai atas. Akibat sempalan pohon tersebut, atap lantai 2 rumahnya terkena dampak. Demikian juga sebagian dindingnya.
Dikatakan Walikota Magelang, pemerintah tidak dapat membantu kalau mendadak. Masyarakat tidak boleh berhenti dan tidak boleh sedih atau susah, tetapi harus tetap bersemangat. Kedatangan Walikota Magelang bersama beberapa pejabat, Camat Magelang Utara, Kepala Kelurahan Potrobangsan maupun lainnya ke lokasi yang terkena bencana diharapkan juga dapat memberi hiburan tersendiri. (Tha)

BERITA TERKAIT