Korban Kecelakaan Kerja Terima Santunan BPJS

Editor: KRjogja/Gus

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Dua orang pekerja yang meninggal dunia akibat kecelakaan kerja dan sakit di Kabupaten Purworejo menerima santunan BPJS Ketenagakerjaan. Ahli waris juga masih menerima jaminan pensiun sebesar Rp 350 ribu per bulan. Selain itu, anak-anak mereka juga akan mendapat beasiswa hingga selesai kuliah.

“Memang tidak ada orang yang ingin meninggal karena kecelakaan kerja atau sakit, namun yang namanya musibah tidak bisa dihindari. Sehingga dengan santunan ini diharapkan bisa meringankan beban keluarga,” kata Wakil Bupati (Wabup) Purworejo Hj Yuli Hastuti SH di sela-sela penyerahan santunan itu di Aula Hotel Ganesha, Rabu (19/8).

Sedang mereka yang menerima santunan itu dari ahli waris Karyanto karyawan PT Indotama Omicron Kahar Purworejo senilai Rp 119,5 juta dan ahli waris Aswadi karyawan Hotel Ganesha PDAU senilai Rp 64,8 juta.

Pada kesempatan itu sekaligus digelar pembinaan hubungan industrial dan jaminan sosial tenaga kerja pada masa new habit. Sebab menurut Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Purworejo Gathot Suprapto SH, bahwa selama pandemi covid-19 sektor tenaga kerja di Purworejo sangat terpuruk. Terlebih perusahaan yang mengandalkan bahan baku impor. “Hampir semua bahan baku impor dihentikan,” jelaskan,

Begitupun sektor usaha ekspor juga terpuruk karena adanya larangan ekspor seperti kayu dan lainnya. “Usaha kuliner juga banyak yang tutup hingga beberapa bulan, otomatis pekerjanya juga dirumahkan,” katanya seraya menambahkan, usaha kuliner kini sudah ada yang mulai buka kembali sehingga tenaga kerjanya kembali bekerja. (Nar)

 

BERITA REKOMENDASI