Korupsi PTSL, Tiga Mantan Perangkat Desa Divonis 4 Tahun Penjara

Dalam putusan tersebut menjatuhkan pidana penjara terhadap para terdakwa masing-masing 4 tahun penjara dikurangi masa tahanan yang telah dijalani oleh para terdakwa. “Selain itu hakim juga menjatuhkan pidana denda kepada para terdakwa masing-masing Rp 200 juta, dengan ketentuan apabila denda tersebut tidak dibayar, maka para terdakwa harus menjalani pidana kurungan selama 4 bulan dan menetapkan kepada para terdakwa untuk tetap dilakukan penahanan serta membayar biaya perkara masing-masing Rp 500 ribu,” tegasnya.

Untuk diketahui, Polres Magelang melimpahkan berkas perkara dan tiga orang tersangka kasus pungli Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL) tahun 2018 di Desa Wringiputih, Kecamatan Borobudur, Magelang, ke Kejaksaan Negeri Kabupaten Magelang. Tiga orang tersangka tersebut yakni Muhajari, (59) mantan Kasi Pemerintahan Desa, Suprih Prasetyo (48) mantan Kepala Desa, dan Mulyono (57) Sekretaris Desa.

Ketiganya disangkakan melanggar pasal 12 huruf e UU RI No.31 tahun 1999 tentang pemberantasan korupsi sebagaimana telah diubah dan ditambah dengan UU No.20 tahun 2021 tentang perubahan atas UU No.31 tahun1999 tentang pemberantasan tindak pidana Korupsi jo pasal 55 ayait 1 ke-1 KUHP sebagaimana Dakwaan Pertama Penuntut Umum. (Bag)

BERITA REKOMENDASI