Kota Magelang Berlakukan Auto E-City

Editor: Ivan Aditya

MAGELANG, KRJOGJA.com – Kota Magelang menjadi daerah pertama di Indonesia yang menerapkan Automatic Emergency Car Priority (Auto E-City) berbasis Intelligent Transportation System (ITS). Hal ini dibenarkan Kepala Dinas Perhubungan Kota Magelang Candra Wijatmiko Adi SSiT MT kepada wartawan mengenai penemuannya ini. Inti kegiatan ini adalah bagaimana memberikan prioritas utama atau pelayanan utama kepada kendaraan emergensi di suatu simpang.

Langkah yang dilakukan, kata Candra, dengan memasang suatu alat berupa kamera khusus yang didatangkan dari luar negeri. Alat tersebut akan mendeteksi kendaraan emergensi seperti ambulans atau pemadam kebakaran yang akan melintas suatu simpang, dan kamera akan langsung menangkap data analitiknya serta langsung masuk pada lokasi kontroler dan secara otomatis.

“Dengan sistem yang secara otomatis ini akan memudahkan kendaraan ambulans atau pemadam kebakaran yang akan melewati suatu simpang lantaran tidak lagi difasilitasi petugas, dan secara otomatis pun akan diberi kesempatan lewat,” jelasnya.

Kamera yang terpasang jangkauan penangkapannya cukup jauh. Awalnya dicoba rata-rata diambil dari jarak 100 meter, yaitu diambil dari antrian terpanjang pada suatu titik ke lampu traffic light menyala merah. Setelah evaluasi selama 2 minggu, lanjutnya, terdeteksi waktunya kurang lama lantaran ada jeda waktu yang harus diberikan kepada simpang yang lain. Karena itu kemudian ditambah menjadi 120 meter.

Untuk tahap awal, titik lokasi di Simpang Rejowinangun. Di Tahun 2022 mendatang rencana ditambah di 5 titik, dan di Tahun 2023 mendatang dipasang di 15 titik atau di semua titik Area Traffic Control System (ATCS) sudah memiliki sistem Auto E-City ini. “Ini juga untuk mendukung Kota Magelang sebagai Kota Cerdas,” tambahnya. (Tha)

BERITA REKOMENDASI