Kota Magelang Gandeng Tokopedia, Pelaku UMKM Sambut Gembira

Editor: Agus Sigit

MAGELANG, KRJogja.com – Beberapa pelaku UMKM di Kota Magelang menyambut gembira kerjasama yang dilakukan Pemerintah Kota Magelang dengan Tokopedia. Dengan adanya kerjasama ini diharapkan tidak akan mengalami kesulitan lagi, khususnya di bidang pemasaran, dan produk UMKM dapat lebih dikenal masyarakat luas.

Hal ini diungkapkan pelaku UMKM, seperti Kaji Habib dari Batik Rajah dan produsen kripik tempe “Bunga Kanthil” Dwi Septina, yang ditemui KR secara terpisah usai acara penandatanganan MoU antara Pemerintah Kota Magelang dengan pihak Tokopedia yang dilaksanakan di Pendopo Pengabdian rumah dinas Walikota Magelang, Selasa (30/11/2021). Penandatanganan dari Pemerintah Kota Magelang dilakukan Walikota Magelang dr HM Nur Aziz SpPD K-GH dan dari Tokopedia oleh Kepala Divisi Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Daerah Tokopedia Emmiryzan.

Kaji Habib kegiatan ini bisa membantu UMKM, terutama dalam memasarkan produk-produknya. Di era digital, bagaimana juga, khususnya UMKM, harus digitalisasi sehingga produknya tidak hanya dipasarkan, tetapi lebih terkenal lebih luas.

Di masa pandemi, bidang pemasaran secara offline mengalami kendala. Karena itu ada manfaatnya saat online, termasuk Tokopedia.
Dwi Septina mengatakan produknya merupakan salah satu unggulan di Kota Magelang. Di saat pandemi juga agak mengalami kesulitan, yang saat itu baru saja memulai produksi dan terasa sekali. Salah satunya kemudian maju ke marketplace. Dengan adanya Tokopedia ini merasa terbantu. Tidak hanya dirinya yang mengelola, tetapi juga dibantu pemerintah untuk memfasilitasi hal ini, sehingga untuk administrasi dan sistemnya sudah terbantu sekali.

Walikota Magelang diantaranya mengatakan produk yang dapat dipasarkan di luar kota memakai Tokopedia lebih praktis dan lebih luas. Ini menjadi modal bagi Kota Magelang untuk lebih dikenal kota lain. Banyak produk, fashion juga bisa, demikian juga UMKM. Semua ini akan didorong. Karena itu dari Disperindag Kota Magelang didorong untuk memakai Tokopedia.

Sementara itu informasi yang diperoleh KRJogja.com menyebutkan fasilitas ekonomi digital yang diberikan oleh Tokopedia adalah
memberikan pelatihan dan pendampingan khusus pemasaran daring kepada UMKM binaan Pemerintah Kota Magelang, dukungan untuk fasilitasi pembukaan Toko Bersama dalam website Tokopedia bagi para UMKM binaan Pemerintah Kota Magelang, kolaborasi dalam pemberdayaan warung tradisional (e-warung) melalui Mitra Tokopedia dan berbasis Rukun Tetangga (RT). (Tha)

BERITA REKOMENDASI