KPU Gelar Sosialisasi Pencalonan Pilbup

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purworejo menggelar sosialisasi tahapan pencalonan (pendafataran pasangan calon) bupati dan wakil bupati tahun 2020.

“Tahapan pencalonan ini merupakan salah satu tahapan krusial dalam pemilihan bupati dan wakil bupati (Pilbup),” kata Ketua KPU Purworejo Divisi Sosdiklih Parmas SDM dan Kampanye Akmaliyah, S PdI M Pd, Jumat (07/08/2020).

Sosialisasi yang digelar di sebuah rumah makan ini dihadiri para pewakilan dari partai politik (Parpol), serta para pejabat yang berkepentingan pada gelar Pilbup ini.

Dalam tahapan pendaftaran calon ini menurut Akmaliyah ada syarat pencalonan ada juga syarat calon, kegiatan ini digelar dengan harapan semua syarat yang telah diatur dalam Peraturan KPU tentang pencalonan bisa dipahami secara utuh dan bisa segera diproses kelengkapannya serta dapat dipenuhi ketika masa pendaftaran.

“Tahapan pendaftaran pasangan calon (Paslon) bupati dan wakil bupati Purworejo akan dilakanakan tanggal 4 sampai 6 September 2020 dan penatapan paslon pada tanggal 23 September 2020,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, Widya Astuti SS MPar selaku divisi Teknis KPU Purworejo menyampaikan bahwa persyaratan pencalonan untuk Parpol atau gabungan Parpol yang memperoleh paling sedikit 20 persen dari jumlah kursi DPRD atau 25 persen dari akumulasi perolehan suara sah bagi Parpol yang memperoleh kursi di DPRD pada Pemilu terakhir.

“Syarat pencalonan dari jalur perseorangan harus memenuhi syarat minimal dukungan dan sebaran, yakni sejumlah 46.096 pendukung yang tersebar paling sedikit di 9 kecamatan,” jelasnya. (Nar)

 

BERITA REKOMENDASI