KPU Kabupaten Magelang Gelar Uji Publik

MAGELANG, KRJOGJA.com – Sesuai jadwal dan tahapan KPU, Daftar Pemilih Sementara (DPS) mulai diumumkan tanggal 24 Maret sampai dengan 2 April 2018 ini. Tak hanya diumumkan, KPU juga menggelar uji publik agar angkat partisipasi pemilih meningkat. 

Jumlah DPS untuk Pilgub Jateng dan Pilbub Magelang 2018 sendiri, mencapai 969.704. Terdiri dari pemilih laki-laki 483.038 orang dan perempuan 486.665. Mereka tersebar di 2629 TPS di 21 kecamatan diwilayah ini.

"Pengumuman dilakukan dengan menempel DPS di 372 kantor Balai Desa atau sekretariat PPS dan 2629 tempat strategis lainnya. Namun ada yang berbeda dengan pengumuman DPS kali ini, selain ditempel juga dilaksanakan Uji Publik, KPU melalui PPS juga mengundang pemilih atau kepala keluarga, tokoh masyarakat atau RT/RW guna menilai dan memeriksa lagi nama-nama pemilih yang ada dalam DPS," kata Anggota KPU Kabupaten Magelang Divisi Perencanaan dan Data, Wardoyo, Rabu (28/03/2018).

Gerakan serentak pengecekan DPS dalam Uji Publik ini dilaksanakan serentak pada 27 Maret oleh PPS di masing-masing TPS di wilayah desanya. Berarti di Magelang Uji Publik DPS dilakukan di 2629 TPS yang tersebar di 372 Desa/Kelurahan. 

Gerakan pengecekan DPS serentak atau Uji Publik DPS serentak ini merupakan langkah progresif yang ditempuh KPU Jawa Tengah dalam rangka mengefektifkan tahapan masa pengumuman dan tanggapan atas DPS.

"Dengan Uji Publik KPU Jawa Tengah ingin mendorong masyarakat lebih aktif dan proaktif dalam berpartisipasi memastikan dirinya dan sekaligus keluarganya telah terdaftar sebagai pemilih. Di samping itu juga dapat memberikan informasi apabila ada perkembangan terkait data pemilih yang sudah tidak lagi memenuhi syarat sebagai pemilih karena alasan tertentu," ungkapnya. (Osy)

BERITA REKOMENDASI