KPU Kebumen Dapat Dukungan dari Kejaksaan Negeri

Editor: Ivan Aditya

KEBUMEN, KRJOGJA.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kebumen berhasil mendapatkan dukungan penuh dari Kejaksaan Negeri Kebumen dalam penanganan masalah hukum yang terkait dengan pelaksanaan Pemilihan Bupati (Pilbup) Kebumen 2020.

“Dukungan dalam masalah hukum khususnya terkait bidang perdata dan tata usaha negara sesuai dengan kewenangan Kejaksaan Negeri,” ujar Ketua KPU Kebumen, Yulianto MKom, usai acara Penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama Antara KPU Kabupaten Kebumen Dengan Kejaksaan Negeri Kebumen, di gedung Sekretariat KPU Kebumen, Selasa (18/02/2020).

Nota kesepahaman ditandatangani Ketua KPU Kebumen, Yulianto Mkom, dengan Kepala Kejaksaan Negeri Kebumen, Erry Pudyantono MH, serta disaksikan oleh perwakilan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kebumen.

Nota kesepahaman terdiri dari 3 hal yaitu berupa bantuan hukum di bidang perdata dengan pemberian jasa hukum oleh JPN (Jaksa Pengacara Negara). Hal kedua adalah pertimbangan hukum, yaitu pendapat hukum atau ‘legal opinion’ dan pendampingan hukum atau ‘legal assistence’.

Adapun hal ketiga adalah tindakan hukum lain berupa pemberian jasa hukum, yaitu berupa pemberian jasa hukum dalam rangka menyelamatkan dan memulihkan keuangan maupun kekayaan negara serta menegakkan kewibawaan pemerintah. (Dwi)

BERITA REKOMENDASI