KPU Magelang Buka Pendaftaran Parpol Pemilu 2019

Editor: KRjogja/Gus

MAGELANG (KRjogja.com) – KPU Kabupaten Magelang mulai membuka pendaftaran partai politik peserta pemilu 2019, Rabu (03/10/2017). Sebelumnya, mereka melaksanakan Bimbingan Teknis (Bintek) tentang tata cara pendaftaran verifikasi dan penetapan partai politik peserta Pemilu Tahun 2019.

“Untuk peserta bintek kemarin, dari semua parpol. Bintek dihadiri oleh 12 parpol lama peserta pemilu 2014, ditambah empat partai baru. Meliputi Perindo, Partai Berkarya, PSI dan PPRN. Bintek hanya 1 hari ini. Karena mulai tanggal 3 sampai dengan 16 Oktober besok sudah mulai tahapan pendaftaran parpol untuk pemilu 2019,” kata Anggota KPU Kabupaten Magelang, Divisi Sosialisasi dan Partisipasi, Dwi Endis M.

Dalam bintek selain penyampaian materi, juga dilakukan simulasi. Adapun materi bintek diantaranya tahapan pendaftaran dan verifikasi, teknik pendaftaran, penelitian administrasi dan verifikasi faktual kepengurusan dan keanggotaan serta simulasi.

“Untuk materi simulasi, diantaranya simulasi penyerahan dokumen persyaratan oleh parpol tingkat kabupaten kepada KPU melalui penghubung. Simulasi vetifikasi faktual kepengurusan, simulasi faktual keanggotaan,” ungkapnya.

Sedang verifikasi faktual keanggotaan, lanjutnya, secara regulasi, syarat partai yang menjadi peserta pemilu 2019 adalah 100 persen ke pengurusan di semua provinsi. Kemudian 75 persen kabupaten dalam 1 provinsi serta 50 persen kecamatan dari kabupaten/kota. “Untuk keanggotaan parpol paling sedikit 1.000 orang atau 1/1000 dari jumlah penduduk pada setiap kabupaten atau kota,” ungkap Endis. (Bag)

BERITA REKOMENDASI