KPU Mulai Buka Pendaftaran PPK

Editor: KRjogja/Gus

MAGELANG (KRjogja.com) – KPU Kabupaten Magelang, mulai membentuk Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pilkada 2018 mendatang. Mulai Kamis (12/10/2017) ini, KPU telah membuka pendaftaran dan akan ditutup 16 Oktober 2017. Selanjutnya seleksi administrasi akan dilakukan tanggal 18 Oktober dan tanggal 22 Oktober akan dilakukan seleksi tertulis.

Anggota KPU Kabupaten Magelang, Divisi Sosialisasi dan Partisipasi, Dwi Endis M, Kamis (12/10) mengatakan, sebelumnya seleksi tertulis, pihaknya akan menyeleksi berkas administrasi para pendaftar mulai tanggal 13 hingga 18 oktober. “Bagi yang dinyatakan lolos, bisa mengikuti tes tertulis. Untuk pengumuman tes tertulis, akan kami umumkan pada tanggal 24 oktober,” katanya.

Bagi yang dinyatakan lolos tes tertulis, kata Endys, akan memasuki tahapan tanggapan masyarakat yang dilakukan mulai tanggal 23 hingga 27 Oktober. “Pada tahap ini, kami minta tanggapa masyarakat terhadap calon anggota PPK. Layak atau tidak menjadi anggota PPK, kami serahkan ke masyarakat untuk menanggapi. Karena anggota PPK idealnya harus bersih dari segala permasalahan sosial dan kriminal,” ungkapnya.

Usai PPK terbentuk, lanjutnya,  pihaknya akan melanjutkan tahapan berikutnya berupa pembentukan badan penyelenggara pemilu di tingkat kecamatan. Diawali dari pembentukan PPK tersebut, kemudian pembentukan anggota PPS, KPPS dan PPDP.
Ditambahkan Endys, dalam proses seleksi calon anggota PPK, PPS dan KPPS terdapat ketentuan belum pernah menjabat 2 kali dalam jabatan yang sama dan dalam pelaksanaan pemilu yang sama. “Jika menjabat sebagai PPK,PPS dan KPPS dua kali dalam dua kali pemilu yang berbeda, seperti Pilpres dan Pilgub, maka dianggap menjabat 1 kali. Apabila menjabat dua kali dalam pemilu Pilpres maka dihitung telah menjabat 2 kali, maka tidak diperbolehkan mengikuti seleksi badan penyelenggara pemilu yang sama,” pungkasnya. (Bag)

BERITA REKOMENDASI