KPU RI Gelar Simulasi Nasional Pemungutan dan Penghitungan Suara

Editor: KRjogja/Gus

MAGELANG, KRJOGJA.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI melaksanakan simulasi pemungutan dan penghitungan suara serta penggunaan Sirekap di tingkat TPS dalam Pemilihan Serentak 2020 di Lapangan Nambangan Kota Magelang, Sabtu (10/10/2020). Kegiatan yang dibuka Pelaksana Harian Ketua KPU RI Ilham Saputra tersebut dihadiri jajaran KPU RI, Bawaslu RI, Kapolres Magelang Kota AKBP Nugroho Ari Setyawan, Sekretaris Daerah Kota Magelang Drs Joko Budiyono MM maupun lainnya.

Kepada wartawan di sela-sela kegiatan, Ilham Saputra mengatakan simulasi di Kota Magelang ini merupakan yang keempat kalinya, yang pertama dilaksanakan di Kantor KPU RI, kemudian di Indramayu Jawa Barat, Tangerang Selatan Banten di di Kota Magelang. Sosialisasi yang dilaksanakan di Kota Magelang ini merupakan yang terakhir kalinya dilaksanakan KPU RI.

Dikatakan, hingga saat masih terus dilakukan format ideal pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara di masa pandemi, sehingga format ini nanti bisa dimasukkan dalam Peraturan KPU (PKPU) dan disosialisasikan kepada masyarakat bahwa masyarakat tidak perlu takut datang ke TPS karena proses mekanisme pemungutan dan penghitungan suara di TPS itu dilaksanakan di protokol kesehatan yang ketat.

Dalam simulasi ini diperagakan beberapa adegan atau skenario, baik ketika proses pemungutan suara maupun saat proses penghitungan suara. Misalnya ada pemilih yang suhu tubuhnya di atas 37,3 derajat yang datang ke TPS dan ingin sekali menyalurkan hak suaranya. Berkaitan dengan hal ini pemilih dilayani dengan melakukan pemungutan atau pencoblosan di bilik suara khusus.

Juga ada skenario pemilih datang ke TPS menggunakan masker berlogo partai, ada pemilih tuna netra, pemilih tuna rungu, thermogun rusak, saksi keberatan dengan hasil ukuran thermogun, pemilih pingsan di dalam TPS yang kemudian diangkat KPPS dengan menggunakan baju hazardous materials (hazmat), HP KPPS untuk Sirekap tidak dapat menjalankan aplikasi, salah satu saksi tidak membawa ponsel pintar maupun lainnya.

BERITA REKOMENDASI