KPU Sosialisasi Pilkada bagi Tuna Netra

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com -Template braille pada Pilkada 2018 berbeda dengan pilkada sebelumnya. Kini huruf braille tidak hanya pada nomor pasangan calon (paslon), tetapi juga pada nama paslon. Ini untuk memudahkan penyandang disabilitas netra mengenali paslon yang dipilih. 

" Template braille sudah berubah, ini demi pelayanan terbaik pada penyandang disabilitas netra," kata Komisioner KPU Kabupaten Temanggung dari Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat Dwi Wiwik Handayani, pada sosialisasi pilkada pada disabilitas netra di Panti Penganthi, Rabu (21/03/2018).

Dia mengatakan tengah didata ulang kebutuhan template braille di TPS. Ini berkaitan dengan pengadaan dan penyediaan template tersebut. TPS yang terdapat penyandang disabilitas netra akan disediakan sementara yang tidak ada tidak disediakan. 

Jadi, lanjutnya, tidak semua TPS menyediakan template braille, jika nanti ternyata di hari H pencoblosan membutuhkan karena ada disablilitas netra yang mencoblos dapat diambilkan dari TPS yang menyediakan template braille. 

"Template netra ini ada dua macam yakni untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah dan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota," tandasnya.

Dikatakan KPU gencarkan sosialisasi Pilkada 2018. Semua segmen masyarakat disasar, termasuk penyandang disabilitas netra. Diharapkan mereka semakin melek politik, mengetahui ada pilkada dan cara mencoblosnya, sehingga pada hari H mau datang ke TPS untuk mencoblos. (Osy)

BERITA REKOMENDASI