KPU Sosilisasi Pilkada bagi Disabilitas

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com – Penyandang disabilitas grahita di Balai Besar Rehabilitasi Sosial Bina Grahita (BBRSBG) Kartini Temanggung mengikuti sosialisasi pilkada serentak yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten setempat, Kamis (15/03/2018). 

KPU juga mensimulasi teknis pengambilan suara di TPS. Sejumlah penyandang disabilitas grahita dipanggil untuk mencoblos lalu memasukkan pada kotak suara. Mereka yang perlu perhatian lebih, karena kesulitan berjalan akibat sakit, dibantu pendamping mulai dari tempat antre mencoblos, ke bilik, memasukkan surat suara ke kotak hingga keluar TPS. 

Komisioner KPU Kabupaten Temanggung dari Divisi Teknis Arimurti Hendrowardani mengatakan sosialisasi pilkada menyasar semua golongan tidak terkecuali penyandang disabilitas. Mereka diistimewakan sebab warga yang punya kebutuhan khusus. " Kami sosialisasi, agar mereka sedari awal mengetahui apa dan bagaimana pilkada, " katanya.

Disampaikan penyandang disabilitas berhak pendamping yang dipilih mereka sendiri. Penyelenggara pemilu wajib memberi akses dan pelayanan yang berkualitas, mulai dari jalan masuk TPS, fasilitas didalam TPS hingga kartu suara, seperti jika butuh template tentu akan disediakan. (Osy)

BERITA REKOMENDASI