KPU Temanggung Terima Pendaftaran Parpol

Editor: KRjogja/Gus

TEMANGGUNG (KRjogja.com) – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Temanggung membuka pendaftaran peserta pemilu 2019, mulai 3 Oktober dan berakhir 16 Oktober 2017 di kantor KPU setempat. Sebelumnya akan dilakukan pengumuman pendaftaran pada 1 hingga 3 Oktober 2017.

"Parpol yang akan ikut pemilu 2019 harus mendaftar di KPU. Di tingkat pusat mendaftar di KPU Pusat sedangkan di daerah mendaftar di KPU Provinsi dan Kabupaten/ Kota," kata Komisioner KPU Kabupaten Temanggung dari Divisi Hukum, Yami Blumut, Jumat (29/9).

Dikatakan tahapan Pemilu tahun 2019 diatur dalam PKPU Nomor 7 tahun 2017 tentang  Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggara Pemilu Tahun 2019, dan Oktober mulai memasuki tahapan pendaftaran dan verifikasi peserta pemilu.

"Pada pendaftaran itu harus disertai kelengkapan dokumen persyaratan yang antara lain fotocopi kartu tanda anggota parpol," katanya.

Berdasarkan keputusan KPU RI Nomor 165/HK.03.1-Kpt/03/KPU/IX/2017 tentang jumlah kabupaten/Kota dan Kecamatan serta Jumlah Penduduk setiap Kabupaten/Kota di setiap Provinsi, tertanggal 26 September 2017,  katanya, ada 20 kecamatan di Kabupaten Temanggung dengan jumlah  penduduk 769.843 orang.

Disampaikan, untuk pemenuhan keanggotaan partai politik yang harus didaftarkan sebagai kelengkapan persyaratan berjumlah 1000 atau 1/1000 sehingga untuk di Temanggung  harus menyerahkan bukti keanggotaan partai politik 769 anggota.

Dikemukakan hingga Jumat tanggal 29 September 2017, KPU Kabupaten Temanggung telah menerima kepengurusan 16 partai politik tingkat Kabupaten Temanggung, yang terdiri dari 12 partai politik peserta pemilu tahun 2014,  dan 4 parpol baru.

Maka itu katanya, KPU Kabupaten Temanggung berharap kepada partai politik di Kabupaten Temanggung yang belum mengirimkan kepengurusannya, segera mengirimkan kepengurusan.  " Jadi mendaf dan selanjutnya akan diverifikasi," katanya, sembari mengatakan pada Senin, 2 Oktober akan diselenggarakan sosialisasi pendaftaran dan verifikasi partai politik peserta pemilu di Kantor KPU Kabupaten Temanggung. 

Dikatakan pada saat sosialisasi itu akan disampaikan mekanisme pendaftaran partai politik dan bimbingan teknis penggunaan sistem informasi partai politik (SIPOL). (Osy)

BERITA REKOMENDASI