KPU Wacanakan Perubahan Dapil

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purworejo mewacanakan perubahan daerah pemilihan (dapil) untuk PemilihanUmum (Pemilu) legistatif 2019. Perubahan itu berdasar pada geografis. Namun KPU masih memberikan kesempatan kepada partai politik untuk menanggapi wacara itu.

“Draft usulan sementara untuk perubahan Dapil ini merupakan hasil dari pembahasan di internal KPU,” kata komisioner KPU Purworejo Divisi Pemantauan, Pemungutan Suara, Data dan Informasi Widya Astuti MPar, Rabu (20/12/2017).

Dalam rapat koordinasi (rakor) dan simulasi penataan Dapil dan alokasi kursi Pemilu 2019, Widya Astuti menjelaskan, draft lama merupakan pembagian Dapil yang telah digungkan untuk Pileg selama ini, sedang satu draf lain terdapat  perubahan di lima dapil dari 6 dapil yang sudah ada. Selama ini pembagian Dapil meliputi untuk Dapil 1 Kecamatan Purworejo dan Kaligesing, Dapil 2 Kecamatan Bagelen, Ngombol dan Purwodadi, Dapil 3 Kecamatan Banyuurip dan Bayan, Dapil 4 Kecamatan Grabag, Kutoarjo dan Butuh, Dapil 5 Kecamatan Pituruh, Kemiri dan Bruno, serta Dapil 6 meliputi Kecamatan Gebang, Loano, dan Bener.

Sedang draf baru yang diusulkan KPU mengalami perubahan, diantaranya untuk Dapil 1 meliputi Kecamatan Purworejo dan Banyuurip, Dapil 2 Kecamatan Loano, Kaligesing dan Bagelen, Dapil 3 Kecamatan Purwodadi, Ngombol dan  Grabag, Dapil 4 Kecamatan Butuh, Kutoarjo dan Bayan, Dapil 5 tidak mengalami perubahan, serta Dapil 6 Kecamatan Gebang dan Bener. (Nar)

BERITA REKOMENDASI