Polda Jateng Resmikan Krandegan Kampung Tangguh Nusantara Candi

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Polda Jawa Tengah mencanangkan Desa Krandegan Kecamatan Bayan Kabupaten Purworejo sebagai Kampung Tangguh Nusantara Candi. Krandegan menjadi proyek percontohan karena memiliki berbagai program ketahanan sosial, baik terkait penanganan Covid-19 atau berbentuk penguatan kegiatan ekonomi masyarakat.
Program tersebut dijalankan secara mandiri dengan melibatkan sumber daya yang dimiliki desa. Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM meresmikan kampung itu didampingi Perwira Pengamat Wilayah (Pamatwil) Polda Jateng AKBP Teguh Tri Prasetya, Kapolres Purworejo AKBP Rizal Marito, serta jajaran forkompimda lainnya, Jumat (26/6).
“Kami melihat apa yang sudah dikerjakan di Desa Krandegan sangat menarik, mereka dengan sumberdaya yang dimiliki, secara mandiri, menangani permasalahan sosial di desanya, terutama persoalan yang terjadi akibat Covid-19. Tidak salah kami memilih Krandegan sebagai percontohan,” ungkap AKBP Rizal Marito menjawab pertanyaan KRJOGJA.com.
Menurutnya, Krandegan bukan satu-satunya kampung tangguh di Kabupaten Purworejo. Program serupa dilaksanakan di 288 desa dan kelurahan. Polres menargetkan seluruh desa dan kelurahan di Purworejo bisa menjadi kampung tangguh.
Menurutnya, hal menarik dari konsep itu adalah kemandirian dan gotong royong masyarakat. “Mereka yang mampu mendermakan sebagian miliknya untuk membantu lingkungan secara ikhlas. Desa membuat konsep dan mengatur supaya kebijakan itu terlaksana dengan adil,” tuturnya.

BERITA REKOMENDASI