Kreatif! Pernikahan ‘Anti Covid’ di Hutan Pinus Sikepel

Editor: KRjogja/Gus

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Penyedia jasa penyelenggaraan pernikahan atau wedding organizer (WO), membuat simulasi pernikahan di tengah pandemi Covid-19, di objek wisata Hutan Pinus Sikepel, Desa Jati, Kecamatan Bener, Selasa (28/7). Mereka memperagakan kegiatan pernikahan lengkap dengan menerapkan protokol kesehatan, di hadapan Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti.

Kegiatan tersebut diinisiasi WO Mutiara Cangkrep Lor bekerjasama dengan sejumlah penyedia jasa kebutuhan pernikahan lainnya di Purworejo. “Kami coba buat simulasi pernikahan di luar ruangan, tentu dengan protokol pencegahan Covid-19. Agar masyarakat tahu bahwa ada cara yang cukul aman untuk menyelenggarakan hajat pernikahan,” ungkap penanggungjawab kegiatan WO Mutiara, Galih, kepada KRJOGJA.com.

Protokol kesehatan dilaksanakan secara ketat kendati simulasi pernikahan diadakan di luar ruangan. Pencegahan dilakukan sejak tamu antre mengisi buku kehadiran. Petugas meminta tamu antre dan mencuci tangan dengan sabun serta air yang disediakan.

Petugas yang menggunakan masker dan face shield

, akan mengecek suhu tubuh tamu. Hanya tamu yang mengenakan masker boleh masuk area pernikahan. Mereka kemudian duduk di kursi yang disiapkan. “Jarak antarkursi diatur minimal satu meter dan tidak diperkenankan melepas masker,” ucapnya.

Pernikahan dilaksanakan dengan tradisi Jawa, namun mempelai dan orang tua mereka tetap mengenakan masker. “Tidak ada salam-salaman, hanya beri salam dari jarak semeter lebih. Lalu tamu mengambil nasi kotak dan makanan kecil yang disediakan, dan dipersilakan pulang,” tuturnya.

BERITA REKOMENDASI