‘Kresna’ dan ‘Puntadewa’ Ikut Sosialisasikan Pakai Masker

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com – Pemkab Temanggung gencarkan sosialisasi memakai masker, mencuci tangah dan menjaga jarak (3 M) di pusat-pusat perekonomian dengan melibatkan pelaku seni, Minggu (6/9).

Menarik, pada sosialisai itu mereka mengenakan kostum karakter wayang orang. Bupati memilih karakter Raja Dwarawati Kresna, Wakil Bupati mengenakan Raja Amarta, Puntadewa, Kapolres Temanggung dan Komandan Kodim mengenakan dua ksatria kembar Pandawa yaitu Nakula dan Sadewa. Sebelum sosialisasi, Bupati Temanggung bersama sejumlah pejabat dan puluhan seniman menggelar apel di depan Pendopo Pengayoman Kabupaten Temanggung.

Bupati Temanggung Al Khadziq mengatakan sosialisasi menggunakan pendekatan budaya agar lebih mengena di masyarakat dan harapannya masyarakat akan lebih taat pada protokol kesehatan. “Mendisiplinkan masyarakat memakai masker dengan berbagai pendekatan, termasuk pendekatan budaya, mengingat masyarakat kental sekali dengan tradisi dan seni budaya,” kata dia.

Jadi, tambahnya, bukan hanya pendekatan penegakan hukum dengan menegakkan peraturan. Dia menyampaikan sosialisasi 3M menggandeng seniman dan budayawan turun ke pusat-pusat keramaian dengan memakai baju karakter wayang dan baju kesenian tradisional seperti kuda lumping, warokan, dan topeng ireng.

BERITA REKOMENDASI