Kuasai TIK, Kunci Menangi Persaingan Global

Editor: KRjogja/Gus

WONOSOBO, KRJOGJA.com – Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia (BP-SDM) Kementerian Kominfo (Kemenkominfo) RI Perwakilan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyelenggarakan pelatihan dan sertifikasi bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) berbasis Standard Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) di Ballroom Hotel Kresna Wonosobo, Senin (21/9/2020).

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Wonosobo One Andang Wardoyo, ketika membuka kegiatan tersebut berpesan agar generasi milenial, khususnya di Wonosobo untuk secara serius meningkatkan penguasaan TIK demi memenangkan ketatnya persaingan global di era industri 4.0. “Penguasaan TIK menjadi kunci utama untuk memenangi persaingan global saat ini. Tentu hal itu menjadi tantangan bagi generasi milenial,” tandasnya.

Menurut Andang, di era industri 4.0 saat ini dituntut penguasaan TIK yang terus berkembang dengan cepat. Bahkan saat ini ancamannya sudah di depan mata. Seperti mulai terbatasnya profesi dan lapangan pekerjaan karena banyak yang sudah tergantikan dengan sistem komputerisasi otomasi dan robot karena dinilai lebih efisien.

“Untuk memenangkan persaingan di era teknologi saat ini, kita harus memiliki tiga pegangan, yaitu kompetensi di bidang teknologi digital, meningkatkan kemampuan berinovasi, serta mempersiapkan ketahanan, kemampuan beradaptasi dan keterampilan berfikir kritis,” terangnya.

Ancaman lain patut diwaspadai generasi milenial, lanjut Andang, adalah kehidupan yang serba tidak pasti akbat adanya perubahan teknologi yang begitu cepat, sehingga banyak perusahaan yang terpaksa tutup alias gulung tikar, dan akhirnya memunculkan gelembung pengangguran. “Bahkan saat ini kita bisa melihat adanya persaingan bisnis yang berubah menjadi tidak kasat mata, imbas dari munculnya teknologi digital yang mampu menembus tatanan yang selama ini terbangun secara konvensional,” terangnya.

BERITA REKOMENDASI