KUMKM Pilar Ekonom Kerakyatan Purworejo

PURWOREJO (KRjogja.com) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo berupaya untuk kembali membangkitkan Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (KUMKM) sebagai pilar ekonomi kerakyatan. KUMKM akan didorong secara masif dan terstruktur, sehingga mampu menjadi kekuatan ekonomi yang tangguh dan mandiri berbasis pada ekonomi kerakyatan.

"Potensi sumber daya alam maupun sumber daya KUMKM di Purworejo cukup besar dan berpeluang untuk dikembangkan agar memiliki nilai jual dan nilai tambah,” kata Wakil Bupati (Wabub) Purworejo Yuli Hastuti pada
pameran produk KUMKM dalam rangka Peringatan Hari Koperasi ke-70 di Alun-alun besar Purworejo, Rabu (12/07/2017).

Melalui pameran ini Yuli Hastuti berharap, para pengusaha,  potensial buyers dan masyarakat akan dapat memperoleh informasi yang lengkap mengenai kualitas dan kuantitas produk, yang pada akhirnya akan dapat meningkatkan minat dan permintaan masyarakat baik lokal, regional, nasional maupun ekpor.

Namun demikian Yuli Hastuti mengakui jika keberadaan koperasi di Purworejo hingga saat ini masih tertinggal jika dibanding  kegiatan usaha swasta dan BUMN, padahal koperasi memiliki peran dan potensi
ekonomi yang cukup besar. 

"Begitupun dengan sektor UMKM, sebagai unit usaha yang jumlahnya paling besar dan perannya sering dikaitkan dengan upaya pemerintah untuk mengurangi pengangguran dan memerangi kemiskinan, dirasakan belum mampu memenuhi harapan,” tandas Yuli. (Nar)

 

BERITA REKOMENDASI