Kunjungi Pasar Secang, Ganjar Dengar Curhat Pedagang

Editor: KRjogja/Gus

MAGELANG (KRJogja.com) – Mbah Siti, salah satu pedagang tempe di Pasar Secang Kabupaten Magelang, memperoleh perhatian tersendiri dalam acara kunjungan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo ke pasar penampungan Secang Magelang, Rabu (12/7/2017). Bahkan Mbah Siti sempat berdialog dengan Gubernur Jateng cukup lama.

Banyak hal yang diutarakan dalam dialog antara Mbah Siti dengan Gubernur Jateng, diantaranya masalah pembuatan tempe yang diproduksinya hingga kira-kira keuntungan yang diperoleh setiap harinya. Dengan modal sekitar Rp 50 ribu, Mbah Siti dapat meraih keuntungan sekitar Rp 20 ribu. Jawaban Mbah Siti yang lugu kadang juga mengundang ketertarikan tersendiri pada diri pedagang maupun lainnya yang mengikuti kegiatan pertemuan tersebut.

Sebelum bertemu pedagang di areal pasar penampungan, Gubernur Jateng dan rombongan sebelumnya mengunjungi bangunan Pasar Secang yang sudah selesai pembangunannya. Sabtu (15/7/2017) mendatang para pedagang akan boyongan pindah dari areal pasar penampungan ke bangunan Pasar Secang yang baru.

Saat melakukan kunjungan tersebut, Gubernur Jateng juga sempat berdialog dengan beberapa pedagang. Dalam dialog tersebut banyak informasi yang diperoleh, termasuk mengenai ukuran tempat berjualan yang ada di dalam pasar baru. Ada juga pedagang yang menginginkan agar lokasi berjualannya tidak di lantai 2, tetapi di lantai 1. Ini disampaikan lantaran ia merasa kondisi kesehatannya yang menurun dan barang dagangannya yang berat-berat, sehingga mengalami kerepotan kalau membawa ke lantai 2. 

Kepada wartawan yang menemuinya usai berdialog dengan pedagang, Gubernur Jateng mengapreasi langkah Bupati Magelang yang menurunkan harga kios hingga tingkatan terendah, yaitu potongan atau penurunannya hingga 52 persen. Langkah ini dinilai bagus. "Itu saya acungi jempol, dan pedagang senang," kata Gubernur Jateng. Berkaitan dengan zonasi tempat berjualan, Gubernur Jateng mengatakan ini masih ada waktu untuk dibicarakan lagi. (Tha)

 

 

BERITA REKOMENDASI