Kunjungi Pengungsi Banjir, Ganjar Pranowo Bagikan Mainan Anak

Editor: Agus Sigit

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengunjungi korban banjir Desa Wironatan Kecamatan Butuh yang mengungsi di Gedung BKK Kecamatan Butuh, Rabu (16/3/2022). Ganjar Pranowo menghibur anak-anak pengungsi dengan bernyanyi dan membagikan mainan.

Ganjar Pranowo mengatakan, langkah cepat mulai dilakukan untuk mencegah banjir susulan. Pasalnya cuaca yang cukup ekstrim berpotensi kembali melanda wilayah Jawa Tengah bagian selatan. “Kemarin curah hujan capai 200 milimeter itu cukup ekstrim, jadi saya minta Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWSSO) untuk lakukan pengecekan titik sungai mana yang harus diperbaiki, dan saat ini langsung dikerjakan,” terangnya.

Selain itu, Ganjar juga memerintahkan kepada Dinas PSDA milik Provinsi Jawa Tengah untuk melakukan patroli sungai. Tujuannya, kata Ganjar, untuk mengetahui tanggul mana yang berpotensi jebol dan langkah cepat apa yang dapat dilakukan guna mengantisipasi.

“Mana yang saat hujan dan banjir jadi titik rawan, mana yang bisa dinormalisasi atau titik mana diperlukan tanggul permanen, serta bagaimana melibatkan masyarakat ikut berpartisipasi cegah banjir,” paparnya.

Gubernur juga berharap Badan Meteorologi Klimatologi dan Geosifika (BMKG) untuk secara rutin menginformasikan prakiraan cuaca kepada BPBD di kabupaten/kota, agar cepat disebarluaskan kepada masyarakat. Informasi cepat itu, lanjutnya, dibutuhkan untuk meningkatkan kewaspadaan masyarakat terhadap ancaman bencana. (Jas)

BERITA REKOMENDASI