Kunjungi Taman Ikan Bojong, Siswa Paud Ini Belajar Perikanan

MAGELANG, KRJOGJA.com – Terobosan yang dilakukan Dinas Peternakan dan Perikanan (Peterikan) Kabupaten Magelang, patut diapresiasi. Sejak 'menghidupkan' kembali dengan melengkapi beberapa koleksi di Aquatiq Studio dan Taman Ikan Bojong, Kantor Dinas Peterikan hampir setiap tidak pernah sepi dikunjungi ratusan siswa dari Paud, TK maupun SD diwilayah ini.

Mereka datang untuk melihat dari dekat koleksi ikan di aquatik studio tersebut. Tak hanya melihat koleksi ikannya saja, mereka ditempat ini juga dapat melihat beberapa video tentang ikan serta bermain menangkap ikan. "Sejak dibuka 2016 lalu, hampir tiap hari selalu ramai dikunjungi anak-anak. Tidak hanya siswa paud, rombongan dari SD hingga ibu-ibu PKK juga datang," kata Kepala Dinas Peterikan, Ir Sri Hartini, Rabu (06/12/2017).

Ditambahkan Tangguh Edhijanto, Kepala Seksi Usaha Promosi dan Investasi Dinas Peterikan, jika aquatik studio dan taman ikan bojong, saat ini memiliki 36 aquarium dengan 40 spesies. Dari 40 spesies itu, terdiri dari ikan hias dan ekasotik serta ikan konsumsi. "Selain ikan lokal, ada juga koleksi ikan dari luar negeri. Salah satunya ikan aligator. Kami juga memiliki bulus umur sekitar 50 tahun dengan berat 1 kwintal. Bulus ini kami dapatkan dari Waduk Wadaslintas tahun 1991, lalu," imbuhnya.

Sementara Kepala Paud Mutiara Hati Tiyono, dari Desa Ketep Kecamatan Sawangan yang datang ke aquatik studio senin (04/12/2017) kemarin, pihaknya datang dengan membawa 96 anak. Kedatangannya ke sini sebagai bentuk pembelajaran diluar sekolah dengan puncak tema ikan. "Kebetulan tema kami hari ini adalah ikan. Jadi anak-anak kami ajak ke sini (aquatik studio dan taman ikan). Mereka kami ajang untuk berkenalan dengan dunia binatang. Untuk kali ini, dengan ikan. Terus terang keberadaan aquatik ini sangat membantu kami," imbuhnya. (Bag)

 

BERITA REKOMENDASI