Lahan Jati di Bulus Terbakar

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Lahan jati milik rakyat seluas kurang lebih 1,5 hektare di Dusun Pendem Desa Bulus Kecamatan Gebang Kabupaten Purworejo terbakar, Rabu (24/10). Puluhan warga bersama petugas damkar, BPBD dan Polsek Gebang berhasil mengendalikan api sehingga tidak menjalar ke rumah penduduk.

Api diketahui warga sekitar lahan pada pukul 12.00. "Saya melihat asap mengepul dari arah kebun, ketika didekati api sudah menyebar ke mana-mana," ujar warga setempat, Siti kepada KRJOGJA.com.

Siti memberitahu warga Bulus pemilik lahan di lokasi kebakaran. Ia bersama sejumlah warga mencoba memadamkan api dengan ranting.

Warga lain, Muhammad Fauzi menambahkan, pemadaman segera dilakukan karena api berpotensi menjalar mendekati permukiman. "Sedikitnya ada delapan rumah di sekitar lahan jati, kalau tidak terkendali bangunan itu terancam," ungkapnya.

Namun upaya pemadaman tidak membuahkan hasil. "Sini dipadamkan, sebelah sana menyala lagi. Angin kencang dan tebalnya tumpukan daun kering mengakibatkan api susah dikendalikan," terangnya.

Warga akhirnya menghubungi kantor Satpol PP dan Damkar Purworejo dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Purworejo. Petugas datang membawa satu unit mobil pemadam.

Kasi Damkar Sumaji mengatakan, selang air mobil pemadam tidak bisa menjangkau titik api. Petugas dibantu warga memadamkan api dengan ranting. "Setelah api padam, kami lakukan penyisiran ulang dan pendinginan untuk mencegah kebakaran terulang," ucapnya. (Jas)

BERITA REKOMENDASI