Lakukan Sensus Penduduk, BPS Terjunkan 1333 Petugas

Untuk tahapannya, petugas sensus berkoordinasi dengan ketua RT atau warga yang ditunjuk oleh ketua RT dalam kegiatan pemeriksaan Daftar Penduduk (DP) dengan menanyakan satu persatu penduduk yang ada dalam daftar, dan menambahkabn penduduk yang belum ada dalam daftar, namun tinggal di RT tersebut, yaknu penduduk yang belum tercatat, penduduk pindah datang ataupun yang baru lahir.

“Petugas bersama ketua RT atau pengurus RT, melakukan verivikasi lapangan dengan mengunjungi penduduk secara door to door, untuk memastikan penduduk yang sudah terdaftar benar-benar ada, dan tidak ada yang terlewat, serta memberikan penomoran bangunan tempat tinggal di peta dan juga dokumen daftar penduduk,” jelasnya.

Disampaikan, output dari sensus penduduk ini, akan diketahui jenis kelamin, penduduk menurut status domisili (de facto dan de jure), serta kepemilikan NIK. “Pandemi Copid – 19 ini, menjadi tantangan bagi BPS dalam melaksanakan Sensus Penduduk (SP) 2020 ini, karena SP 2020 tetap harus berjalan,” pungkasnya. (Bag)

BERITA REKOMENDASI