Lapisan Cor Pasar Baledono Runtuh

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Lapisan cor lantai dua Pasar Baledono seluas 36 meter persegi runtuh, Sabtu (29/07/2017) petang. Insiden itu terjadi karena tiang penyangga dalam proses pengecoran ambles akibat labilnya tanah di bawah bangunan itu. Tidak ada korban dalam peristiwa tersebut.

Peristiwa itu terjadi ketika sejumlah pekerja menghentikan pekerjaan pada pukul 17.30. Warga sekitar pasar mendengar suara gemuruh singkat ketika cor untuk dua kios itu runtuh. "Terdengar bunyi gemuruh, lalu saya lihat lokasi ternyata bangunan runtuh. Kabarnya masih basah karena baru selesai dicor," kata Bagus, warga Kelurahan Purworejo, kepada KRJOGJA.com.

Menurutnya, tidak ada informasi jatuhnya korban dalam kejadian itu. Setelah ambruk, sejumlah pekerja dibantu tower crane membersihkan puing. Pekerja PT Hutama Karya menutup lokasi kejadian dengan plastik terpal. Kejadian itu menjadi tontonan warga dan sempat memacetkan lalu lintas.

Pedagang Pasar Baledono Wito mengatakan, kejadian itu harus menjadi pelajaran pelaksana kegiatan untuk hati-hati dalam menyelesaikan pembangunan pasar. "Kami berharap tidak mengganggu konstruksi danselesai tepat waktu, sehingga pedagang cepat berjualan di Pasar Baledono," ucapnya.

Sementara itu, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pasar Baledono Dwi Astuti mengemukakan, tanah di bawah konstruksi tidak sepenuhnya labil. Namun memang ada sebagian lapisan bekas galian tiang pancang yang diduga lebih gembur. Pelaksana pekerjaan PT Hutama Karya telah memperlakukan tanah sesuai prosedur.

Bahkan tiang penyangga dan scafolding dilandasi dengan besi pelat untuk mencegah ambles. Namun hujan mengguyur Kabupaten Purworejo dua hari terakhir. Permukaan tanah turun dan mengakibatkan penyangga dan cor ikut ambles.

"Hujan diluar prediksi, sebabkan tanah basah dan labil. Pengecoran baru selesai pukul 15.00, lapisan semen basah dengan volume lima meterkubik menyebabkan lantai ikut ambles," terangnya.

Insiden itu tidak berpengaruh pada konstruksi bangunan pasar. Selain itu, proses pekerjaan tetap berjalan. "Tidak ada gangguan, konstruksidi bagian lain pasar itu juga tidak terpengaruh. Kami minta pelaksana untuk lebih hati-hati lagi, terutama dalam mengantisipasi cuaca," tegasnya. (Jas)

BERITA REKOMENDASI