Latsar Diharap Menghasilkan PNS Profesional dan Berkarakter

Editor: Ivan Aditya

MAGELANG, KRJOGJA.com – Penyelenggaraan pra Latsar (Pelatihan Dasar) dan Bela Negara diharapkan dapat menghasilkan PNS profesional yang berkarakter dalam melaksanakan tugas dan jabatannya sebagai pelaksana kebijakan publik, pelayan publik, perekat dan pemersatu bangsa. Demikian yang disampaikan, Bupati Magelang Zaenal Arifin saat Upacara Pembukaan Pra Latsar dan Bela Negara Bagi CPNS Angkatan I Formasi Tahun 2021 Pemkab Magelang di Aula Rindam IV Diponegoro Magelang, Selasa (17/5/2022).

Sehubungan dengan hal tersebut, Zaenal mengatakan diperlukan sebuah penyelenggaraan pelatihan yang inovatif dan terintegrasi, yaitu pelatihan yang memadukan pembelajaran klasikal dan non-klasikal. Sehingga memungkinkan peserta mampu menginternalisasi, menerapkan, dan mengaktualisasikan, serta membuatnya menjadi kebiasaan (habituasi) dan merasakan manfaatnya, sehingga terpatri dalam diri sebagai karakter PNS yang profesional.

“PNS wajib menjalani masa percobaan yang dilaksanakan melalui proses Diklat terintegrasi untuk membangun integritas moral, kejujuran, semangat dan motivasi nasionalisme dan kebangsaan, karakter kepribadian yang unggul dan bertanggungjawab, dan memperkuat profesionalisme serta kompetensi bidang,” kata, Zaenal.

Ia juga menekankan agar PNS harus bisa mengikuti dinamika perkembangan zaman, terutama di era digitalisasi 4.0. Setiap PNS dituntut untuk adaptif terhadap teknologi agar kinerja pelayanan lebih cepat, akurat, dan efisien. Hal ini karena digitalisasi birokrasi untuk pelayanan yang optimal, adalah hal yang tak bisa dihindari.

“PNS harus dapat ber-revolusi dan keluar dari zona nyaman menjadi PNS yang inovatif. Sebagai PNS harus selalu dekat dan peduli kepada masyarakat melalui kinerja serta aksi nyata,” tandas, Zaenal. (Bag)

BERITA REKOMENDASI