Lawan Gulma, Mahasiswa Untidar Ciptakan “Algapatis”

Editor: KRjogja/Gus

MAGELANG, KRJOGJA.com – Mahasiswa dari Tim Program Kreativitas Mahasiswa Tekonologi (PKMT) Universitas Tidar (Untidar) membuat karya yang diberi nama "Algapatis". Alat ini berfungsi memudahkan petani membersihkan gulma.

Mahasiswa tersebut adalah Feri Irawan, Samsul Hidayat, Zainab Luxfi'i, Erics Kharisma dan Ryantika Dyah Safitri. Ditemui KRJogja.com di Rektorat Untidar, Jumat (21/6/2019), Feri Irawan diantaranya mengatakan gagasan membuat peralatan ini berawal ketika ia melihat keadaan petani padi di wilayah Kecamatan Kebonagung Kabupaten Pacitan yang masih menyiangi gulma secara manual.

Didampingi Samsul Hidayat dan Humas Untidar Kusumo Wardani, Feri Irawan mengatakan banyak petani yang menggunakan peralatan konvensional, kecuali peralatan dari pabrik berupa traktor. Muncul ide Feri Irawan ingin membantu petani di desanya.

Pada awalnya ia masih bingung, mau dikemanakan terlebih dahulu. Adanya Program Kreativitas ini mendorong Feri Irawan menyampaikan gagasannya. Feri Irawan juga berusaha mencari teman untuk timnya, membuat bahan baku, membuat proposal maupun lainnya. Waktu yang dipakai untuk membuat karya tersebut sekitar 2 bulan, dan 1 bulan untuk pembuatan proposal. Peralatan tersebut juga sudah diujicoba di Pacitan, dan perlu ada beberapa perbaikan.

Feri Irawan mengatakan fungsi peralatan ini diantaranya untuk membantu petani menghemat tenaga, waktu dan biaya dalam mengatasi gulma. “Algapatis dapat membantu para petani mengatasi gulma. Sekali kerja, petani dapat menyiangi gulma sekaligus memberikan pupuk untuk tanaman padinya,” katanya. (Tha)

BERITA REKOMENDASI