Lazismu Kota Magelang Salurkan Dana Zakat Infaq Sodaqoh

Editor: KRjogja/Gus

MAGELANG, KRJOGJA.com – Lembaga Amil Zakat Infaq Sodaqoh Muhammadiyah (Lazismu) Kota Magelang mentasyarufkan dana Zakat Infaq Sodaqoh (ZIS) kepada 3.205 penerima manfaat. Sekretaris Lazismu Kota Magelang Fury Fariansyah kepada KRJogja.com di Kantor Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Magelang, Sabtu (16/5/2020), mengatakan proses pentasyarufan masih berlangsung, Sabtu.

Kegiatan pentasyarufan ditandai dengan penyerahan simbolis yang dilaksanakan di Aula Kuliah Subuh Komplek Muhammadiyah Kota Magelang, Rabu (12/05/20) lalu. Proses penyerahan simbolis tetap menggunakan protokol kesehatan Covid-19, dengan tetap menjaga physical distancing. Kegiatan ini dihadiri PDM, Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM), Pimpinan Cabang Aisyiyah (PCA), perwakilan Kantor Layanan (KL) Lazismu se Kota Magelang dan juga Ketua Organisaai Otonom (Ortom).

Dalam Ramadan kali ini ada 5 program yang dipilih Lazismu, yang sekaligus menyikapi Covid-19, diantaranya Kado Ramadan “Biskuat” (Bingkisan Untuk Umat), Da’i Mengabdi, Bakti Guru, Berbagi Takjil, dan “Satriyo” (Santri Makaryo).

Ketua Lazismu Kot Magelang Andi Triyanto mengatakan program “Biskuat” ini diberikan kepada para dhuafa, jompo dan mereka yang ikut terdampak ekonomi dalam pandemi Covid-19. Selain itu, lanjutnya, ada program Da’i Mengabdi dengan sasaran para guru ngaji atau juru dakwah.

Untuk paket sembako ada 2.000 penerima manfaat, sedangkan untuk Bakti Guru diberikan kepada para guru honorer yang gajinya dibawah Rp 500.000,- dan belum sertifikasi.
Lazismu memilih program Da’i Mengabdi karena ingin memberikan apresiasi kepada guru ngaji serta juru dakwah yang saat ini banyak berjuang untuk agama dan tanpa pamrih. “Bahkan guru ngaji kadang tanpa gaji, namun tetap ikhlas,” tambahnya.

BERITA REKOMENDASI