Ledakan Mercon di Kebumen Tewaskan 3 Orang, Penyebabnya Sepele

KEBUMEN, KRjogja.com – Nahas dialami Muhammad Taufik Hidayat (27), Rizky Efendi (21) dan Rio Dwi Pangestu (22). Ketiganya tewas setelah mercon yang mereka buat meledak akibat terkena percikan api rokok.

Ledakan dahsyat terjadi di salah satu rumah warga Trukan, Ngabean, Kecamatan Mirit, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, Rabu (12/5/2021) sore. Selain menewaskan tiga orang, ledakan juga melukai 5 orang.

Lorban luka yaitu Bambang Priyono, Sugiyanto, Alib, Irwan Soleh dan Ratna Iswatun Khasanah. Semua korban merupakan warga Trukan.

Ledakan mercon terjadi di rumah warga bernama Untung. Kejadian bermula ketika tujuh orang membuat mercon di rumah tersebut, Rabu (12/5/2021) pukul 16.00 WIB. Dalam pembuatan mercon tersebut mereka berbagi tugas.

Beberapa orang menggulung kertas dan lainnya mengisi obat mercon ke dalam gulungan kertas. Selanjutnya pada pukul 17.00 WIB, terjadi ledakan yang sangat keras hingga membuat rumah tempat pembuatan mercon hancur. Tak hanya itu, tujuh orang pembuat mercon dan satu orang anggota keluarga pemilik rumah menjadi korban.

Tiga di antaranya meninggal dunia, sedangkan lima orang lainnya luka-luka. Diduga, ledakan terjadi akibat bahan mercon terkena bara api rokok salah satu korban.

“Kejadian tadi sore. Informasinya, yang membuat mercon tujuh orang. Namun ada yang merokok. Diduga, bara api rokok mengenai bahan mercon sehingga terjadi ledakan,” kata Eko, warga Mlirit.

Adapun jumlah mercon yang akan dibuat sebanyak 400 gulungan. Ratusan gulungan selongsong mercon itu akan diisi dengan bahan peledak mercon seberat 5 kilogram.

BERITA REKOMENDASI