Lelang Jabatan Eselon II Mundur

Editor: KRjogja/Gus

TEMANGGUNG (KRJogja.com) – Lelang jabatan untuk mengisi beberapa jabatan struktural eselon II di pemkab Temanggung sesuai susunan organisasi perangkat daerah (SOPD) baru, yang semula akan dilaksanakan akhir 2016 ini, dipastikan mundur hingga Januari 2017. Alasannya, waktu persiapannya mepet hingga tak cukup melaksanakannya. Padahal, mulai Januari 2017, SOPD baru  sudah akan diterapkan pemkab.

Sekretaris Daerah (Sekda) Bambang Arrochman, yang juga anggota Badan Pertimbangan Jabatan dan Pangkat (Baperjakat), di kantornya, Rabu (23/11), mengatakan, dengan waktu yang tersedia dan tinggal satu setengah bulan lagi, maka tidak mencukupi untuk melaksanakan proses lelang jabatan itu.

Sebelumnya, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Djafar Muhtar mengatakan, proses lelang jabatan memerlukan waktu yang agak lama. Misalnya, untuk menginformasikan dibukanya lelang jabatan itu saja, harus diumumkan dalam waktu sekurang-kurangnya 15 hari kerja atau sekitar tiga minggu.

Kemudian program pendampingan penempatan pejabat sesuai kompetensinya, atau tes PCAP (Position Competencies Assessment Program

) bagi pejabat eselon III pendaftar lelang itu, yang dilaksanakan serangkai lelang jabatan,  memerlukan waktu tiga minggu hingga pengumuman hasilnya.

Bambang mengungkapkan, dengan lelang jabatan ditunda,  setidaknya akan ada empat jabatan eselon II atau kepala dinas yang belum ada pejabat definitifnya, ketika SOPD baru mulai diberlakukan awal 2017. ‘’Karenanya, untuk sementara akan diangkat pejabat pelaksana tugas (Plt) guna melaksanakan tugas kepala dinas bersangkutan. Plt itu berasal dari pejabat eselon II atau kepala dinas-dinas lain,’’jelasnya.      

Menurutnya, empat jabatan kepala dinas yang diisi Plt itu, bisa merupakan empat dinas baru sebagaimana diatur SOPD tersebut. Yakni, Kepala Dinas Satpol PP, Kepala Dinas Penanman Modal dan Perizinan Terpadu, Kepala Dinas Komunikasi dan Infornatika, serta Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan. (Mud)

BERITA REKOMENDASI