Lereng Gunung Andong Terbakar, Anggota SAR Semesta Alam Gugur

Editor: Ivan Aditya

MAGELANG, KRJOGJA.com – Hutan di lereng Gunung Andong yang berlokasi di sebelah barat Dusun Jogoyasan, Kecamatan Ngablak terbakar sekitar pukul, Sabtu (06/10/2018) siang. Saat proses pemadaman, anggota Search and Rescue (SAR) Semesta Alam Desa Gogik Jogoyasan Ngablak bernama Ihsan gugur. Diduga korban meninggal karena kekurangan oksigen.

Sebelumnya korban sempat dibawa ke Puskesmas Getasan namun tidak tertolong. Saat ini, jenasah korban sudah dibawa pulang ke rumah duka dan langsung dimakamkan di Desa Jogoyasan, Kecamatan Ngablak. Petugas SAR sempat kesulitan mengevakuasi korban lantaran medan tebing yang curam.

"Sebelum meninggal, korban bersama anggota SAR Semesta Alam dan masyarakat sekitar, ikut memadamkan api. Ia berangkat dari bace camp sawit, usai mendapat laporan kebakaran tersebut," kata Kepala Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang, drs Edy Susanto dihubungi KRJOGJA.com.

Dikatakan Edy peristiwa kebakaran di hutan lereng Gunung Andong kemarin, pertama dilaporkan oleh warga setempat bernama Sugeng dan Tikno Aji. Kejadian pertama kali, diketahui sekitar pukul 09.30 WIB.

"Hingga saat ini, kami belum mengetahui penyebabnya. Namun kejadian kebakaran hutan di sini (Gunung Andong), sudah yang kedua ini terjadi ditahun 2018. Kejadian pertama terjadi pertengahan September kemarin, dan berhasil dipadamkan sebelum merembet lebih luas," ungkapnya.

Untuk kejadian kedua ini, lokasinya juga tidak jauh dari lokasi kebakaran pertama kemarin. Saat korban dibawa turun kebawah ke puskesmas, warga dan relawan masih terus berusahan memadamkan api. "Sekitar pukul 17.40 sore tadi (kemarin), api sudah berhasil dipadamkan," lanjutnya.

Sementara almarhum Ihsan, setelah dipastikan meninggal oleh petugas Puskesmas Getasan, langsung dibawa ke rumah duka untuk dimakamkan sore hari kemarin. Dalam pemakaman kemarin, almarhum diantar ratusan anggota SAR dan relawan Kabupaten Magelang serta warga sekitar. "Kami kehilangan seorang relawan yang berani, pantang menyerah dan tanpa pamrih. Semoga almarhum diterima di sisi Allah," pungkas Edy. (Bag)

BERITA REKOMENDASI