Lereng Gunung Sumbing Kembali Terbakar, Ini Lokasinya..

MAGELANG, KRJOGJA.com –  Tanaman yang ada di kawasan lereng bawah Gunung Sumbing masuk wilayah administrasi Desa Sukomakmur Kecamatan Kajoran Kabupaten Magelang diketahui terbakar, Senin (8/10/2018). Hingga Senin sore belum diketahui secara pasti penyebab terjadinya kebakaran tersebut.

Beberapa warga di wilayah Desa Sukomakmur kepada KRJogja.com, Senin sore, membenarkan terjadinya kebakaran tersebut. Hanya saja mereka tidak mengetahui secara pasti jam berapa kebakaran tersebut mulai diketahui.  Kalakhar BPBD Kabupaten Magelang Drs Edy Susanto, Kapolsek Kajoran Iptu Edi Suryono dan Camat Kajoran Magelang Drs Basirul Hakim secara terpisah membenarkan terjadinya kebakaran tersebut. 

Kalakhar BPBD Kabupaten Magelang mengatakan kebakaran hutan terjadi di aewal Petak 1-5 masuk RPH Mangli BKPH Magelang KPH kedu Utara. Kebakaran diketahui sekitar pukul 10.00, dan Senin sore sudah berhasil dipadamkan.

Informasi yang diperoleh Kalakhar BPBD Kabupaten Magelang menyebutkan Senin kemarin petugas Perhutani memperoleh informasi terjadinya kebakaran tersebut dari Ketua LMDH Desa Sukomakmur Jahro. Informasi ini kemudian disampaikan kepada banyak pihak, yang kemudian ditindaklanjuti dengan upaya pemadaman bersama masyarakat Desa Sukomakmur Kecamatan Kajoran dan Desa Adipura Kecamatan Kaliangkrik Magelang. 

Tanaman yang terbakar berupa semak belukar dan rumput-rumputan yang mengering dan mudah terbakar. Diperkirakan sekitar 4 Ha areal yang terbakar, dan baru berhasil dipadamkan sekitar 5 jam kemudian. Proses pemadaman dilakukan secara manual, diantaranya dengan sistem gepyokan

atau dengan membuat ilaran atau sekat bakar.(Tha)

BERITA REKOMENDASI