Libatkan 500 Orang, Gladi Lapang Banjir Seperti Sungguhan

PURWOREJO (KRjogja.com) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Purworejo menggelar gladi lapang bencana banjir di Desa Tangkisan, Krandegan dan Pogungkalangan Kecamatan Bayan, Selasa (13/12/2016). Sebanyak 500 warga dan relawan terlibat dalam kegiatan tersebut.

Kepala BPBD Purworejo Drs Boedi Hardjono mengatakan, kegiatan tersebut merupakan latihan menyeluruh terkait penanganan banjir. "Beda dengan simulasi, kalau simulasi hanya mereka yang berkepentingan dalam penanganan bencana yang ikut kegiatan," ungkapnya kepada KRjogja.com.

Gladi lapang melibatkan unsur relawan dan warga dalam jumlab besar karena dalam kegiatan itu dipraktikan penanganan tanggap darurat hingga manajemen posko bencana. Menurutnya, gladi lapang diawali dengan pembentukan posko dan dilanjutkan informasi terjadinya banjir di tiga desa.

Warga terlibat tidak hanya sebagai korban, melainkan juga menjadi relawan penananganan bencana. "Masyarakat tetap berperan seperti biasa, kepala desa (kades) tetap menjadi kades," ucapnya.

Gladi, katanya, ditujukan untuk meningkatkan kemampuan masyarakat dan pemerintah dalam penanganan bencana. "Apalagi tiga desa itu memang langganan banjir, mereka beberapa kali pernah merasakan bencana itu," tegasnya. (Jas)

BERITA REKOMENDASI