Libur Lebaran, Ketep Pass Dibanjir Pengunjung

MAGELANG,KRJOGJA.com – Sejumlah objek wisata di Kabupaten Magelang, selama libur lebaran 1438 H ini, dibanjiri wisatawan. Salah satunya Ketep Pass di Kecamatan Sawangan. Objek wisata yang menyajikan keindahan panorama alam berupa Gunung Merapi dan Merbabu tersebut, sejak Senin hingga Rabu (26-28/06/2017) penuh sesak pengunjung. Bahkan tempat parkiran meluber hingga ke jalan-jalan sekitarnya.

Berdasarkan data dari Badan Pengelola Objek Wisata (BPOW) Ketep Pass, jumlah pengunjung Senin (26/06/2017) mencapai 3232 orang. Terdiri wisatawan nusantara (wisnus) mencapai 3229 dan wisatawan mancanegara (wisman) 3 orang. Mayoritas, mereka menggunakan mobil 330, sepeda motor 296 dan bus kecil 6 dan bus besar 3. Untuk Selasa (27/06/2017), jumlah kunjungan mencapai 4103 orang yang semuanya wisnus. Mereka mayoritas menggunakan mobil 405, sepeda motor 321 dan 5 bus kecil. Sedang Hari Rabu (28/6), jumlah wisatawan meningkat drastis menjadi 5308 orang. Terdiri dari wisnus 5303 dan 5 wisman.

"Mereka mayoritas menggunakan armada sepeda motor yang mencapai 460 sepeda. Kedua menggunakan mobil sebanyak 413 armada. Untuk bis kecil hanya 6 armada. Selama disini (Ketep), mereka mengunjungi beberapa anjungan (fasilitas) yang kami sediakan. Diantaranya vulcano theatre, museum gunung merapi dan lainnya," kata Kepala Bidang Promosi dan Pemasaran BPOW Ketep Pass, Edward Alfian Kamis (29/06/2017).

Diungkapkan Edward, mayoritas pengunjung berasal dari luar kota. Diantaranya dari Semarang, Solo, Jakarta, Bandung, Surabaya bahkan ada juga dari Bali dan beberapa kota dari Pulau Sumatera. Hal itu terlibat nomor kendaraan yang mereka gunakan.

"Mereka cukup beruntung, karena cuaca cerah di Ketep sejak beberapa hari sebelum mau pun setelah lebaran. Dengan begitu, mereka dapat melihat pemandangan puncak merapi. Di sisi lain, mereka juga dapat melanjutkan kunjungan wisata disekitar Ketep.

Seperti air terjun Kedung Kayang, Agrowisata Petik Strobery, Top Selfi Kragilan dan lainnya. Kami perkirakan, jumlah kunjungan akan terus meningkat pada sisa libur lebaran ini. Apalagi, liburan kali ini masih ada empat hari lagi. Yakni kamis hingga minggu besok," ungkapnya. (Bag)

 

BERITA REKOMENDASI