Lima Desa di Ngablak Deklarasikan Desa Bersih, Sehat dan Sejahtera

Editor: Ary B Prass

MAGELANG, KRJOGJA.com – Lima desa di Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, mendeklarasikan sebagai Desa Sehat, Bersih dan Sejahtera. Yakni Desa Pandean, Girirejo, Jogoyasan, Bandungrejo dan Desa Ngablak.
Deklarasi  berlangsung di areal parkir obyek wisata Gunung Telomoyo tersebut, dihadiri anggota DPR RI dari PDI Perjuangan, Ir Sudjadi dan pejabat lainnya.
Bupati Magelang, Zaenal Arifin SIP dalam sambutan dibacakan Sekda  Drs Adi Waryanto, Sabtu (4/9/2021) mengapresiasi atas Deklarasi Desa Sehat, Desa Bersih dan Desa Sejahtera. Nantinya desa tersebut mampu menjadi salah satu pendukung program pembangunan yang telah dijalankan oleh pemerintah Kabupaten Magelang, terutama dalam mewujudkan masyarakat  Sedaya Amanah atau Sejahtera Berdaya Saing dan Amanah.
“Harapan kami, Deklarasi Desa Sehat, Desa Bersih dan Desa Sejahtera ini, bisa menggeliatkan kembali gairah wisata alam Gunung Telomoyo dan Gunung Andong,  yang tentunya akan berdampak positif terhadap perekonomian masyarakat sekitar,” ujar Bupati Magelang, Zaenal Arifin SIP.
Isi Deklarasi yang dibacakan Kepala Desa Pandean, Tulis Sutiono menyebutkan,  desa sehat diantaranya cukup air minum, ada sanitasi rumah tangga, rumah sehat dan dukungan dari PUPR untuk menjadi  Desa Sehat, termasuk kelengkapan Posyandu, Polindes, bidan desa, {KK, dokter desa lainnya.
Sedangkan Desa Bersih, meliputi TPS3R tertata dan terkelola dengan baik, Drainase lingkungan desa (bebas banjir, infrastruktur desa/PISEW/jalan dan sekolah lingkungan, serta didukung PUPR dan organisasi pengelola sampah dan iuran warga, adanya penghijauan desa (gotong royong desa), Gotong royong bersih desa secara rutin dalam seminggu sekali.
Desa Sejahtera Nyaman dan Aman, mepiluti adanya Sumber Daya Alam (SDA) seperti Embung,  Cekdam Irigasi, pengendalian banjir, pengembangan kawasan yang  didukung adanya wisata alam, wisata relegi dan pasar desa, termasuk adanya jalan koneksitas, kerapian pagar halaman, tiang bendera, ronda malam tertib dan tamu wajib lapor ke RT/RW.
Selain itu, ada gerakan penghijauan, serta mendapatkan dukungan dari Kementrian, seperti Kemndes, koperasi berjalan, Bumdes berprestasi, pengembangan produk unggulan, seperti hasil pertanian dan kerajian, adanya pelatihan Iklim dari BIKG dan pelatihan rutin dari Basarnas.

BERITA REKOMENDASI