Lima Werga Purworejo Masuk ODP Corona

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Waspada virus corona kini terus didengungkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo kepada warga masyarakat. Bahkan di Purworejo sudah terdapat lima orang yang masuk dalam kriteria orang dengan pemantauan (ODP). Kelima orang ini memiliki riwayat pulang dari wilayah/negara yang terjangkit (sesuai dengan perkembangan penyakit) dalam waktu 14 hari sebelum timbul gejala.
“Kelima orang ini baru masuk kriteria ODP,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Purworejo Drs Said Romadon, Jumat (13/03/2020).

Dalam rapat koordinasi (Rakor) penanganan konflik sosial di Ruang Otonom Setda Purworejo Said Romadon menjelaskan, bahwa ada empat kriteria penanganan kasus Covid-19 yakni ODP, Kasus/Pasien Dalam Pengawasan (PDP), Pasien /Kasus Suspek dan Kasus Terkonfirmasi (+ lab). “ODP berarti semua orang yang masuk ke wilayah Indonesia, baik warga negara Indonesia (WNI) atau warga negara asing (WNI) dan berasal dari suatu negara yang telah dikonfirmasi penularan COVID-19 antar manusia,” jelasnya.

Sedangkan PDP adalah orang yang sebelumnya ODP, namun mengalami beberapa gejala seperti influenza sedang hingga berat seperti batuk, pilek, demam, dan gangguan napas. Kasus Suspek apabila pasien mengalami seperti ODP dan PDP, namun belum diperiksa spesimennya. “Sedang kasus terkonfirmasi apabila sudah diperiksa dan dinyatakan positif terjangkit Covid-19,” tambahnya.

Dijelaskan, Pemkab Purworejo selain melaksanakan rapat secara terus menerus lintas lembaga, dinas dan instansi terkait, pihak Dinas Kesehatan juga telah melakukan beberapa upaya untuk mengantisipasi penyebaran wabah ini. Diantaranya, menyampaikan sosialisasi dan pedoman penanganan kewaspadaan pada Fasyankes (Puskesmas, Klinik, RSUD, RSU Swasta), lintas sektoral, camat, Kades dan sekolah-sekolah. (Nar)

BERITA TERKAIT