Limbah Daun Tembakau Disulap Kerajinan Bernilai Jutaan Rupiah

Editor: KRjogja/Gus

TEMANGGUNG, KRjogja.com – Limbah daun tembakau mampu disulap, Dewi Mulyasari warga Kelurahan Temanggung I, Kabupaten Temanggung, menjadi berbagai produk ekonomi kreatif yang bernilai hingga jutaan rupiah. Karyanya, telah menyebar ke sejumlah daerah seperti Makassar, Bali, Semarang, dan Yogyakarta.

Ditemui di kediaman yang juga menjadi rumah produksi, Dewi Mulyasari mengatakan ide awal, kerajinan dari daun tembakau tersebut didapat saat menerima tamu dari mancanegara. Dia mencari souvenir khas Temanggung, yang dikenal sebagai daerah penghasil tembakau ini, tetapi tidak mendapatkannya. Kerajinan yang dicari itu non-rokok.

“Tidak semua orang merokok, maka saat pelancong datang ke Temanggung bisa membawa sesuatu yang unik seperti lukisan, dompet, tas dan lain lain. Hal ini menjadi sesuatu yang berbeda, yang unik dan menikmati tembakau dari sisi nilai seninya,” kata dia, Rabu (21/4)

Dewi mengatakan lantas uji coba dengan membuat produk kerajinan yang dihasilkan dari limbah daun tembakau antara lain lukisan, dompet, tas, kotak cerutu, kota penyimpan kaca mata, tempat korek, dan asbak.

Produk kerajinan daun tembakau yang dipadukan dengan bahan lain seperti kayu dan kulit tersebut dijual dengan harga puluhan ribu hingga jutaan rupiah.

“Tas dari daun tembakau yang dipadukan dengan kulit harganya ratusan ribu, namun untuk lukisan bisa mencapai Rp 5 juta,” kata dia.

BERITA REKOMENDASI