Linmas dan Damkar Dilatih Penyelamatan Kecelakaan Air

KEBUMEN, KRJOGJA.com – Guna membekali personilnya dengan kemampuan penyelamatan
terhadap korban kecelakaan di air, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP)  Kebumen menggembleng 40 anggota Satlinmas (Satuan Lintas Masyarakat) dan Damkar  (Pemadam Kebakaran) Satpol PP Kebumen dengan kegiatan Pelatihan Penyelamatan  Kecelakaan Air.

"Sebagai upaya peningkatan kapasitas personil satlinmas maupun petugas damkar  agar tak hanya mumpuni dalam aktifitas di darat saja, mulai tahun ini kami  memberikan kepada mereka materi pelatihan penyelamatan korban kecelakaan di air," ujar Kepala Satpol PP Kebumen, R Agung Pambudi MSi, melalui Kasi Penanggulangan Kebakaran, Arif Rahmadi, di ruang kerjanya, Rabu (19/12/2018).

Menurut Arif salah satu fungsi dan tugas pokok anggota satlinmas dan damkar  adalah membantu penyelamatan bencana, termasuk bencana di area perairan. Dengan  demikian, mereka akan siap diterjunkan dalam tugas penyelamatan jika terjadi  bencana di air.

Adapun pelatihan berlangsung di Waduk Wadaslintang pada Minggu (16/12/2018) dengan materi pelatihan berupa teori dan praktek tentang tata cara penyelamatan terhadap korban kecelakaan di air, baik korban yang sadar, pingsan maupun meninggal. (Dwi)

BERITA REKOMENDASI