Lipi Beri Diseminasi Iptek di Surodadi

Editor: KRjogja/Gus

MAGELANG (KRJogja.com) – LIPI atau Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia memberikan diseminasi ilmu pengetahuan dan teknologi kepada masyarakat Desa Surodadi Kecamatan Candimulyo Kabupaten Magelang, Jumat (23/3/2018). Tidak hanya berkaitan dengan tata cara pembibitan dan penanaman pohon durian, tetapi juga memberikan bimbingan teknis pembuatan pupuk organik hayati cair.

Kegiatan ini juga dihadiri salah satu anggota Komisi XI DPR RI Harry Poernomo, Kepala Balai Penelitian Tekonologi Bahan Alam LIPI Hardi Julendra SPt MSi, Camat Candimulyo Agung Nugroho dan Forum Pimpinan Kecamatan Candimulyo maupun lainnya. 

Dalam kegiatan ini juga dilakukan penyerahan bibit pohon buah durian dan pohon buah duku kepada perwakilan masyarakat. Penyerahan pupuk organik hayati cair juga diberikan kepada Kepala Desa Surodadi Muhajir. Di lokasi lain, juga dilakukan penanaman buah durian jenis montong secara bergantian. 

Hardi Julendra kepada wartawan mengatakan LIPI biasa memberikan sesuatu mendiseminasikan iptek itu ada kajian terlebih dahulu. Salah satu patokan di daerah Surodadi maupun Candimulyo adalah buah durian. Dikatakan, diantara riset LIPI ada yang masih berupa prototype dan ada juga yang sudah menjadi suatu teknologi dan bisa diberikan kepada masyarakat. LIPI ditantang pihak DPR RI berkaitan dengan karya teknologi yang sudah bisa diberikan kepada masyarakat hendaknya segera diberikan. Kegiatan yang dilaksanakan di Desa Surodadi, Jumat kemarin, termasuk salah satu teknologi yang bisa diberikan kepada masyarakat.

Sementara itu kepada masyarakat di Surodadi, Harry Poernomo diantaranya mengatakan apapun yang diperoleh dari LIPI diharapkan akan dapat membawa manfaat manakala ditekuni. Disinggung keberadaan buah durian Musang King, yang harganya cukup tinggi setelah dilakukan pengemasan. Masyarakat diharapkan juga dapat meniru dan melakukan inovasi, mengingat dari buah durian banyak hal yang dapat dikembangkan. Kondisi seperti yang harus dapat dibangun. (Tha)

 

BERITA REKOMENDASI