Literasi Keuangan Penting Bagi Pelaku UKMK

Editor: Ivan Aditya

MAGELANG, KRJOGJA.com – Literasi dan inklusi keuangan bagi anggota UMKM di wilayah Kabupaten Magelang, serta penyerahan Perlindungan Asuransi Simas Perlindungan dan Celengan Impian dilaksanakan Asuransi Sinar Mas di Balai Ekonomo Desa (Balkondes) Wanurejo Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang, Selasa (07/01/2020). Peserta literasi kali ini adalah para pegiat UMKM yang berada di Kecamatan Borobudur, Mungkid, Muntilan dan Tempuran.

"Asuransi Sinar Mas terus berkomitmen mendukung program Otoritas Jasa Keuangan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat akan keuangan melalui kegiatan literasi dan edukasi keuangan," kata Direktur Asuransi Sinar Mas, Dumasi M M Samosir.

Pelaksanaan literasi keuangan Asuransi Sinar Mas dititikberatkan di daerah-daerah yang belum tersentuh sebelumnya dengan beragam target peserta yang terdiri dari siswa sekolah, guru, santri, petani, nelayan, wanita, ibu rumah tangga dan pegiat UMKM. Sejak tahun 2015, Asuransi Sinar Mas telah memberikan literasi keuangan kepada 142.000 peserta, membagikan 102.000 kartu asuransi mikro secara gratis serta membagikan 25.000 Celengan Impian di berbagai wilayah.

Literasi keuangan telah dilaksanakan di berbagai desa seperti Desa Cunca Wulang dan Labuan Bajo  Manggarai Barat, Pulau Solor Flores Timur, Desa Gemel Lombok Tengah, 10 Kecamatan di Kabupaten Humbang Hasundutan, Parmonangan, Hutaginjang dan Tuktuk Siadong Kabupaten Samosir, Merauke dan Sentani Papua maupun lainnya, termasuk pondok pesantren di beberapa daerah.

"Selain materi perencanaan keuangan, kami juga mengenalkan mengenai asuransi mikro yang dapat digunakan untuk proteksi keuangan dari resiko yang tidak terduga. Dengan karakteristik SMES (Sederhana, mudah dan ekonomis, segera), kami berharap masyarakat dapat menjadikan asuransi mikro sebagai pilihan untuk proteksi keuangan keluarga," tambah Dumasi.

Agar peserta lebih memahami materi literasi dan bisa langsung mengimplementasikannya, Asuransi Sinar Mas menyerahkan 6.705 kartu asuransi mikro, simas perlindungan dan juga celengan impian bagi seluruh UMKM yang berada di 4 kecamatan ini secara gratis. "Asuransi Sinar Mas pada tahun 2020 menargetkan membagikan 38.000 kartu asuransi mikro secara gratis kepada peserta literasi. Jenis asuransi disesuaikan dengan jenis peserta. Untuk siswa akan diberikan Simas Siswa Mikro, untuk petani diberikan Simas Petani, sedangkan untuk guru dan pegiat UMKM diberikan Simas Perlindungan," jelas Dumasi.

Simas perlindungan merupakan asuransi kecelakaan diri yang memberikan perlindungan 24 jam terhadap resiko kematian dan cacat tetap akibat kecelakaan yang dijamin polis dan memberikan penggantian biaya perawatan atau pengobatan medis akibat kecelakaan. Celengan Impian adalah celengan sederhana yang diinisiasi oleh Asuransi Sinar Mas untuk mengedukasi masyarakat agar dapat menyisihkan uang untuk ditabung agar dapat mewujudkan impiannya. (Tha)

BERITA REKOMENDASI